STRATEGI PEMASARAN “KASBOND” DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO MICHELIN KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI

Bahri, Faisal (2023) STRATEGI PEMASARAN “KASBOND” DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO MICHELIN KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI. STRATEGI PEMASARAN “KASBOND” DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO MICHELIN KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI. p. 114. (Submitted)

[img] Text
SKRIPSI FAISAL Revisi Sidang.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faisal Bahri, 2023: Strategi Pemasaran Dalam Menigkatkan Kepuasan Konsumen di Toko Michelin Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.
Perkembangan industri yang semakin pesat, memunculkan banhyaknya persaingan dalam dalam dunia bisnis antar perusahaan atau toko. Oleh karena itu setiap perusahaan atau toko dituntut untuk memiliki strategi yang tepat dalam mengelola bisnisnya. Strategi yang tepat dapat menjadi kunci penting bagi perusahan atau toko untuk menghadapi tantangan industrialisasi dalam meningkatkan jumlah dan kepuasan konsumen.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran melalui kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen di toko Michelin kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi ?. 2) Bagaimana strategi pemasaran melalui kualitas produk dalam meningkatkan kepuasan konsumen di toko Michelin kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran melalui kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen di toko Michelin kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi. 2) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran melalui kualitas produk dalam meningkatkan kepuasan konsumen di toko Michelin kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, menggunakan teknik pendekatan kualitaif deskriptif. Adapun teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Untuk menganalisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpuan dari penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama, Strategi pemasaran yang diterapkan toko Michelin salah satunya adalah melalui kualitas pelayanan yang diberikan dengan mengacu pada lima indikator sebagai berikut; bukti langsung (tangiables); kehandalan (reliability); daya tanggap (responsiveness); jaminan (assurance); empati (empathy). Sistem “kasbond” yang diterapkan di toko Michelin menjadi strategi yang paling menonjol dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Strategi ini diterapkan oleh toko Michelin untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang dibuktikan oleh terpenuhinya seluruh indikator kepuasan konsumen yang melakukan pembelian di toko Michelin. Strategi pemasaran melalui kualitas produk yang diterapkan oleh toko Michelin telah sesuai dengan teori kualitas produk yang mengacu pada bentuk, fitur, kinerja, kesan kualitas, ketahanan atau daya tahan produk, keandalan, kemudahan perbaikan, gaya dan desain, meliputi rasa, fungsi dan tampilan produk.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Faisal Faisal Bahri
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:28
Last Modified: 06 Oct 2023 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item