Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran STAD (Students Teams-Achievement Divisions) di kelas VIII-D SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Laila, Farida (2023) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran STAD (Students Teams-Achievement Divisions) di kelas VIII-D SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, uin khas kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Laila Farida _T20199042.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Plus
Bustanul Ulum Mlokorejo, terdapat pemilihan model pembelajaran yang kurang
bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Model pembelajaran yang sering
digunakan adalah model konvensional,sehingga pembelajaran mengakibatkan
siswa bosan dan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe
STAD siswa kelas VIII-D di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo pada mata
pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian
Tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Keempat tahap tersebut
merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan
Langkah-langkah yang sama, serta difokuskan pada metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil Belajar IPS
siswa kelas VIII-D di SMP Plus Bustanul Ulmum Mlokorejo tahun pelajaran
2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan efektivitas
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil
belajar di kelas VIII D di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger
Kabupaten Jember Tahun 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan kelas (PTK)
dengan jenis (Classroom Action Research). Desain penelitian ini menggunakan
model penelitian Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunkan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan
lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi belajar siswa dan tes soal.
Kemudian analisis data menggunkan penilitian ini menggunakan uji
dependebalitas.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hal
ini terlihat dari hasil setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rendah pretest
dengan nilai rata-rata 53,3 , posttest 64,5 dan nilai N-gain 0,23. Siklus II diperoleh
nilai pretest 66,4 , posttest 77,6 dan nilai N-gain 0,32 . Siklus III pretest 67,3 ,
posttest 90,6 dan nilai N-gain 0,70.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatan hasil belajar
IPS siswa kelas VIII-D SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Laila Farida Ella
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:47
Last Modified: 06 Oct 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item