Shohibul, Jannah (2023) STRATEGI GURU IPS DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs NEGERI 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin khas kiai haji achmad siddiq jember.
Text
SHOHIBUL JANNAH _T20199089-1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Guru memiliki peranan besar dalam membentuk dan menanamkan
karakter siswa. Maka dari itu penting sekali bagi guru untuk mempunyai strategi
dalam mendidik siswa. Kita sadari bahwa saat ini masalah pendidikan khususnya
pendidikan Indonesia cenderung lebih berfokus pada aspek kognitif atau
akademiknya saja dari pada pembentukan karakter. Karakter yang dimiliki bangsa
ini lambat laun mulai memudar pada masa sekarang khusunya pada peserta didik.
Permasalahan tersebut menyebabkan moral dan norma yang berlaku disekolah
seperti seragam tidak rapi, tidak mengerjakan tugas, datang kesekolah terlambat
dan sebagainya. Maka berdasarkan permasalahan tersebut penguatan pendidikan
karakter penting untuk dilakukan.
Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru IPS dalam
penguatan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso
Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat
strategi guru IPS dalam penguatan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023?
Pendekatan yang digunakan dalam penelelitian ini adalah kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model Milles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi guru IPS dalam penguatan
pendidikan karakter religius, jujur, disiplin dan peduli sosial di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso melalui beberapa cara yakni pembiasaan,
keteladanan/contoh dan motivasi. 2) Faktor pendukung dalam penguatan
pendidikan karakter religius, jujur, disiplin dan peduli sosial tersebut yakni adanya
kesadaran siswa, lingkungan belajar yang nyaman, adanya peraturan didalam
kelas yang dipatuhi, dan adanya peran guru yang dominan dan dukungan orang
tua. Sedangkan faktor penghambat penguatan pendidikan karakter tersebut yakni
sikap egois yang dimiliki siswa, pengaruh kemajuan teknologi, adanya guru yang
terlambat, keluarga yang broken home , dan adanya pengaruh dari teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | shohibul jannah shohib |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:01 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28629 |
Actions (login required)
View Item |