Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Wuluhan TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Nuzulia Naelovar, Syahrin (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Wuluhan TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI Syahrin Nuzulia Naelovar.pdf

Download (80MB)

Abstract

Syahrin Nuzulia Naelovar, 2023 : Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi
Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas VII SMPN 1 Wuluhan Tahun Pelajaran 2022-2023.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi Powtoon, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
disebabkan oleh kurangnya partisipasi siswa menyerap semua materi pelajaran
secara cermat. Salah satu alternative yang diharapkan akan menjadi solusi dalam
proses pembelajaran adalah dengan menerapkan media pembelajaran video
animasi berbasis powtoon yang dapat menciptakan suasana aktif, interaktif dan
komunikatif.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1.) Mengetahui adanya pengaruh penggunaan
media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi sistem tata surya
terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa di kelas VII SMPN 1 Wuluhan, 2.)
Mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi
berbasis powtoon pada materi sistem tata surya terhadap hasil belajar ranah afektif
siswa di kelas VII SMPN 1 Wuluhan, 3.) Mengetahui adanya pengaruh
penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi
sistem tata surya terhadap hasil belajar psikomotorik siswa di kelas VII SMPN 1
Wuluhan.
Pendekatan Penelitian ini adalah kuantitatif jenis Quasi Eksperimen
Design dengan jenis desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel
penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu Kelas VII-C sebagai
Kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol di masing-masing kelas
berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi
dan tes. Teknik analaisis data digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji
Independent Sample T-Test.
Berdasarkan hasil uji-t pada nilai posttest nilai signifikansi kognitif,afektif,
dan psikomotorik. Nilai signifikansi kognitif sebesar 0,001 artinya Ho ditolak dan
Ha diterima. Nilai signifikansi afektif sebesar 0,001 artinya Ho ditolak dan Ha
diterima. Dan hasil belajar psikomotorik mendapat nilai signifikansi 0,001 artinya
Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat dismpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikansi dalam penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis
Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa VII di
SMPN 1 Wuluhan Tahun 2022-2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms SYAHRIN NUZULIA NAELOVAR
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:43
Last Modified: 06 Oct 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28632

Actions (login required)

View Item View Item