Peran Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII C Di SMPN 6 Jember

Azrul Ananda, Ibnu (2023) Peran Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII C Di SMPN 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IBNU AZRUL ANANDA_T201910059_SKRIPSI_UPLOAD.pdf

Download (19MB)

Abstract

Kata kunci : Peran media audio visual , motivasi, siswa

Kemajuan teknologi saat ini mempermudah akses kehidupan salah satunya dalam ranah pendidikan, maka dari itu peran media audio visual sangatlah penting dalam pembelajaran yaitu merupakan salah satu sumber motivasi ekstrinsik atau motivasi dari luar yang juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Saat ini siswa memerlukan motivasi belajar lebih tinggi karena jika tidak menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran IPA maka menjadikan siswa cenderung kurang bersemangat dan tidak kondusif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantara adanya teknologi semakin membuat siswa malas dalam belajar, materi yang sulit, dan cara guru mengajar kurang tepat kepada siswa yang membuat motivasi belajar siswa tidak meningkat. Maka dari itu peran media audio visual sangatlah dibutuhkan siswa untuk meningkatkan motivasi belajarnya.
Fokus penelitian ini yaitu untuk 1) Bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam pelaksanaan pembelajaran IPAdi kelas VII C SMPN 6 Jember. 2) Bagaimana peran media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII C SMPN 6 Jember, dengan tujuan penelitian 1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran IPA di Kelas VII C SMPN 6 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII C SMPN 6 Jember.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif denganmenggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran IPA di kelas VII C sudah diterapkan dengan baik. Sehingga dengan adanya penggunaan media audio visual dapat memberikan dampak positif kepada siswa serta menjadikan pembelajaran dikelas efektif dan efisien. 2) Peran media audio visual dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adanya penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran dapat menjadikan siswa semangat dan fokus dalam mengikuti pembelajaran berlangsung, sehingga keadaan kelas menjadi kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ibnu Azrul Ananda
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:56
Last Modified: 09 Oct 2023 03:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28644

Actions (login required)

View Item View Item