PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATIONS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BONDOWOSO

Hikmah, Lutfiatul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATIONS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Upload Digilib Skripsi fia setelah sidang (1).pdf

Download (62MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh, PhET Simulation, getaran dan gelombang
Banyak siswa yang mengatakan bahwa pelajaran fisika sulit untuk diserap karena identik dengan rumus, menjadi hal yang akan sering dilakukan saat belajar fisika. Peneliti menyadari ada beberapa permasalahan yang terjadi SMP Negeri 3 Bondowoso , di antaranya yaitu materi yang disampaikan oleh guru masih belum diserap secara sempurna. siswa tidak paham saat guru menyampaikan materi, siswa terlihat kurang aktif dan cenderung pasif di kelas, ini terjadi karena proses belajar di kelas dilakukan secara monoton dan tidak variatif, karena kurang optimalnya bahan ajar yang dipakai guru dalam menyampaikan materi di kelas, guru hanya mengacu pada media yang sudah ada yaitu buku paket. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang dapat ditawarkan adalah menghadirkan media pembelajaran yang relevan yaitu menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual (PhET Simulasi ) pada materi fisika yaitu getaran dan gelombang.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran PhET Simulation pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 3 Bondowoso?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran PhET Simulation pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment. Dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Diuji kevalidan data dengan uji korelasi Product Moment. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji T-test hasil belajar melalui post-test siswa diperoleh nilai t-hitung > t-tabel yaitu 9,950 > 1,167 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bondowoso. Penggunaan media PhET Simulasi berjalan dengan lancar, karena fasilitas yang memadai, tetapi karena motivasi belajar siswa masih relatif rendah, proses pembelajaran agak sulit dikondisikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Lutfiatul Hikmah
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:09
Last Modified: 09 Oct 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28645

Actions (login required)

View Item View Item