Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Syariah Di Indonesia

SAMSUDIN, SAM (2023) Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Syariah Di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAMSUDIN E20193017 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk menguji dan menganalisis adakah pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan dari segi penjelasannya, maka penelitian ini berjenis asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan melihat pengaruh variabel independen (GCG) terhadap variabel dependen (Kinerja Keuangan). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam mengolah data penelitian ini dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan analisis dan pembahasan tentang pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Syariah Indonesia, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Dewan Komisaris Independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perbankan syariah di indonesia. 2) Dewan Direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada bank syariah di indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah anggota dewan direksi ada pengaruh atas kenaikan kinerja keuangan pada bank syariah. 3) Dewan Pengawas Syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada bank syariah indonesia. 4) Dewan Komisaris Independen, Dewan Direksi dan Dewan Pengawas Syariah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja keuangan pada Bank Syariah di Indonesia secara simultan.

Kata Kunci: GCG, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: SAMSUDIN SAM
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:35
Last Modified: 10 Oct 2023 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28649

Actions (login required)

View Item View Item