PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PASURUAN

Nurfikas sari, Elfa (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Sidiq Jember.

[img] Text
elfa fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Elfa Nurfika Sari, 2021: Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Make A Match, Hasil belajar
Make A Match artinya mencari pasangan merupakan salah satu jenis
kooperatif, strategi Make A Match (mencari pasangan) dikembangkan oleh Lona
Curran yaitu strategi pembelajaran aktif untuk mendalami atau melatih materi
yang telah dipelajari, setiap siswa menerima kartu, kartu itu bisa berisi pertanyaan
dan berisi jawaban.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Apakah ada perbedaan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Make A
Match dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui : Untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
menggunakan metode pembelajaran make a match dengan pembelajaran
konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Pasuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif dengan pendekatan Quasi
Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 74 siswa. Instrument tes yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda
berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah di validkan oleh dosen
ahli dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan
posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney U
test karena data tidak berdistribusi normal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pretest siswa
kelas eksperimen 55, 66 dan kelas kontrol 55,68 dengan nilai Asymp.sig (2
tailed) sebesar 026 > 0,05 maka tidak ada perbedaan hasil belajar pretest siwa
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan rerata hasil belajar posttest
siswa kelas eksperimen 84,05 dan kelas kontrol 74,32 dengan nilai Asymp.sig (2
tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan hasil belajar posttest siswa pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh model
pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran
akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Make A Match, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email elfanurfikasari@gmail.com
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:50
Last Modified: 10 Oct 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28653

Actions (login required)

View Item View Item