Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Sensori Integrasi Dengan Perubahan Perilaku Pada Anak Berkebutuhan Penyandang Autis di Yayasan Matahari Banyuwangi

Mufidah, Lailatul (2023) Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Sensori Integrasi Dengan Perubahan Perilaku Pada Anak Berkebutuhan Penyandang Autis di Yayasan Matahari Banyuwangi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LAILATUL MUFIDAH_D20195019.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Mufidah, 2023: Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Sensori Integrasi Dengan Perubahan Perilaku Pada Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Autis di Yayasan Matahari Banyuwangi.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Sensori Integrasi, Perubahan Perilaku
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terkait adanya strategi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai upaya dalam merubah perilaku pada anak penyandang autis. Strategi pembelajaran tersebut adalah strategi pembelajaran sensori integrasi. Strategi pembelajaran sensori integrasi adalah suatu proses pengolahan informasi yang dilakukan oleh otak melalui penerimaan informasi dari seluruh indera, proses tersebut memungkinkan seseorang dapat berperilaku sesuai dengan pengalaman dan menjadi dasar dari terbentuknya suatu perilaku. Dalam hal ini strategi pembelajaran sensori integrasi memiliki kontribusi yang baik dalam merubah perilaku anak penyandang anak autis.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara strategi pembelajaran sensori integrasi dengan perubahan perilaku pada anak berkebutuhan khusus penyandang autis di Yayasan Matahari Banyuwangi?. Rumusan masalah tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya suatu hubungan antara strategi pembelajaran sensori integrasi dengan perubahan perilaku pada anak berkebutuhan khusus penyandang autis di Yayasan Matahari Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik penentuan sampelnya menggunakan sampel jenuh atau sensus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan berupa skala strategi pembelajaran sensori integrasi dan skala perubahan perilaku. Skala tersebut telah melalui uji dengan keseluruhan rhitung > rtabel (rtabel sebesar 0,355 dengan α = 5%) dan juga melalui uji reliabilitas dengan hasil Cronbach Alpha > 0,60. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson.
Hasil penelitian yang telah di uji analisis memberikan jawaban bahwa ada hubungan antara strategi pembelajaran sensori integrasi dengan perubahan perilaku pada anak berkebutuhan khusus penyandang autis di Yayasan Matahari Banyuwangi. Hubungan tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan sangat kuat. Arah hubungan positif memiliki arti apabila semakin tinggi strategi pembelajaran sensori integrasi diterapkan, akan semakin tinggi pula perubahan perilaku yang terjadi pada anak penyandang autis. Berdasarkan dari hasil yang telah dipaparkan, maka H0 dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: LAILATUL MUFIDAH
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:36
Last Modified: 11 Oct 2023 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item