IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TEACHING, MODELING, REINFORCING, HABITUATING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

FARAHIYAH, SAFIRAH PUTRI (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TEACHING, MODELING, REINFORCING, HABITUATING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAFIRAH PUTRI FARAHIYAH _T20199082_WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Safirah Putri Farahiyah, 2023: “Implementasi Strategi Pembelajaran Teaching,
Modeling, Reinforcing, Habituating Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Pada
Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023”
Kata kunci: implementasi strategi pembelajaran TMRH, karakter, IPS
Pendidikan karakter merupakan tujuan utama dalam sebuah pendidikan.
Adanya pendidikan karakter untuk membangun seseorang memiliki akhlak mulia,
bermoral, memiliki etika yang baik. Pendidikan karakter ini dapat di implementasikan
melalui program-program sekolah dan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dengan
menggunakan strategi teaching, modeling, reinforcing, habituating, khususnya pada
studi belajar sosial seperti Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Adanya program dan
peraturan sekolah yang menerapkan nilai-nilai karakter, harapannya dapat di
integrasikan dalam seluruh kegiatan pembelajaran di kelas terutama pada
pembelajaran IPS.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah Implementasi Strategi
Pembelajaran Teaching, Modeling, Reinforcing, Habituating Pada Mata Pelajaran
IPS? (2) Bagaimanakah Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS?
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
sumber.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada implementasi strategi pembelajaran
TMRH pada mata pelajaran IPS dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan pembelajaran. Guru dalam
mengimplementasikan strategi TMRH dalam mata pelajaran IPS memiliki faktor
penghambat yaitu turunnya motivasi belajar siswa, dan kurangnya kesadaran diri
siswa. Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian strategi TMRH adalah
ketegasan guru IPS, sarana dan prasana, serta program sekolah yang mendukung
dalam implementasi strategi TMRH oleh guru pada mata pelajaran IPS. (2)
Pengembangan karakter siswa pada mata pelajaran IPS dilakukan melalui tata tertib
guru dan aturan sekolah untuk menjaga kedisiplinan, kerapihan, dan kebersihan serta
untuk turut melaksanakan kegiatan seperti program 3S, upacara, sholat berjamaah
dhuhur dan sholat jumat berjamaah bagi siswa laki-laki, mengikuti kegiatan sabtu
bersih, budaya literasi, dan menyanyikan lagu Indonesia raya serta lagu Mars
Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: SAFIRAH PUTRI FARAHIYAH SAFIRAH PUTRI FARAHIYAH
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:16
Last Modified: 11 Oct 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item