PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) INTERAKTIF MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA HINDU-BUDHA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Firly, Annisa' Zein (2023) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) INTERAKTIF MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA HINDU-BUDHA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Firly Annisa’ Zein _T20199034.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan teknologi berbasis aplikasi untuk pembelajaran sudah banyak digunakan oleh pendidik sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk tugas yang diberikan pada peserta didik yaitu lembar kerja peserta didik yang diakses melalui internet. Lembar kerja peserta didik berbasis teknologi menjadikan pendidik lebih kreatif, inovatif untuk membuat peserta didik memiliki ketertarikan untuk belajar. Peserta didik dapat dilatih untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan topik. Selain itu, peserta didik mendapatkan panduan belajar praktis, karena LKPD memuat tahap-tahap pembelajaran yang harus dilakukan peserta didik. Peneliti menggunakan teknologi dalam membuat LKPD sehingga disebut E-LKPD dan platform yang dipilih adalah Wizer.me sebagai media yang interaktif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kevalidan E-LKPD Interaktif menggunakan Wizer.me pada pembelajaran IPS Materi Kehidupan Masyarakat Pada Masa Hindu-Budha kelas VII SMP Negeri 1 Panti Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana keefektifan E-LKPD Interaktif menggunakan Wizer.me pada pembelajaran IPS Materi Kehidupan Masyarakat Pada Masa Hindu-Budha kelas VII SMP Negeri 1 Panti Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ASSURE Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi, dan angket.
Penelitian ini memiliki kesimpulan yaitu bahwa: 1) Hasil kevalidan yang telah diuji oleh tiga orang ahli yaitu ahli materi, ahli media/desain, dan ahli bahasa. Uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh persentase 76% yang berarti cukup valid, ahli media/desain memperoleh persentase 87% yang berarti sangat valid, dan ahli bahasa memperoleh persentase 87% yang berarti sangat valid. Dari ketiga hasil tersebut memperoleh rata-rata persentase sebesar 83% dengan kategori cukup valid. 2) Hasil keefektifan E-LKPD yang diujikan pada peserta didik mendapatkan persentase sebesar 87% yang dikategorikan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Firly Annisa' Zein Firly Annisa' Zein
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:11
Last Modified: 11 Oct 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28668

Actions (login required)

View Item View Item