ANALISIS PENGGUNAAN AKAD WADI’AH PADA PRAKTIK SIMPANAN BAHAN POKOK DI DESA PATEMON KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO

Wilda, Wildatul (2023) ANALISIS PENGGUNAAN AKAD WADI’AH PADA PRAKTIK SIMPANAN BAHAN POKOK DI DESA PATEMON KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai achmad siddiq Jember.

[img] Text
REVISI SIDANG_WM.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Wildatul Hasanah, Dr. Saihan, S.Ag., M.Pd.I. 2023. : Analisis Penggunaan Akad Wadi’ah pada Praktek Simpanan Bahan Pokok di Desa Patemon Kecamatan Tlogosari kabupaten Bondowoso

Kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok menjelang lebaran selalu meningkat, yang diikuti oleh kebutuhan lainnya. Hal tersebut menimbulkan adanya keresahan tersendiri bagi beberapa kalangan masyarakat, karena selain jumlah yang tinggi naiknya harga bahan pokok juga menjadi masalah tersendiri menjelang lebaran. Sehingga perlu solusi terbaik agar kebutuhan tersebut terpenuhi. Simpanan bahan pokok menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut. Dengan menggunakan sistem kerjasama akad wadi’ah dalam pelaksanaannya, penerapan kerjasama tersebut menjadi solusi untuk masyarakat mendapatkan bahan pokok menjelang lebaran menjadi lebih mudah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana praktik simpanan bahan pokok di Desa Patemon kecamatan Tlogosari Bondowoso? 2) Bagaimana hambatan akad wadi’ah pada praktik simpanan bahan pokok di Desa Patemon Kecamatan Tlogosari Bondowoso?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui bagaimana praktik simpanan bahan pokok di Desa Patemon kecamatan Tlogosari Bondowoso. 2) untuk mengetahui bagaimana hambatan akad wadi’ah pada praktik simpanan bahan pokok di Desa Patemon Kecamatan tlogosari Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini diketahui menggunakan teknik purposive, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Simpanan bahan pokok di Desa Patemon dilakukan dengan menerapkan kerjasama wadi’ah. Dimana ketua simpanan sebagai pihak yang menerima titipan harta atau modal akan mengumpulkan uang dari para anggota simpanan selaku muwaddi dalam kegiatan simpanan. Modal yang dikumpulkan akan dijaga dan didayagunakan oleh ketua untuk mendapatkan keuntungan yang akan diterima sebagai bentuk upah atas penjagaan harta tersebut , dimana ketua simpanan akan mendapatkan bagian keuntungan berupa uang dari hasil usahanya dan para anggota akan menerima kembali hartanya melalui bahan pokok yang mereka dapatkan dengan harga jauh lebih murah pada saat kerjasama dilakukan. 2) Hambatan dalam simpanan bahan pokok di Desa Patemon diantaranya disebabkan oleh adanya kelalaian dalam menjaga harta oleh mustauda (ketua simpanan) dan harga yang melambung tinggi.

Kata kunci : Wadi’ah, Simpanan, Bahan Pokok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Depositing User: Wildatul Wilda Hasanah
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:17
Last Modified: 11 Oct 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item