Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Jember

Aini, Shofie (2023) Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
sofie.pdf

Download (18MB)

Abstract

Shofie Aini , 2023: Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kompetensi Tenaga Pendidik di SMP Negeri 1 Jember.
Kata kunci : Supervisi Akademik, Kepala Sekolah , Kompetensi
Supervisi pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu aktivitas berjenjang,
dalam artian kepala sekolah sebagai top management juga berperan sebagai
supervisor, dalam melaksanakan monitoring. Monitoring pendidikan tidak hanya
terhenti pada kepala sekolah saja, akan tetapi kepala sekolah juga mendapatkan
pengawasan dan monitoring dari Dinas pendidikan Kota atau cabang dinas
kabupaten. Secara intern Kepala sekolah melakukan supervisi kepada Tenaga
Pendidik, staf dan seluruh anggota sekolah, secara ekstern sekolah disupervisi
oleh supervisor dari Dinas Pendidikan yang bertugas melakukan supervisi kepada
Kepala sekolah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga
pendidik di SMP Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di
SMP Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala sekolah
dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Jember?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui
perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi
tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Jember 2) Untuk mengetahui pelaksanaan
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga
pendidik di SMP Negeri 1 Jember 3) Untuk mengetahui evaluasi supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di
SMP Negeri 1 Jember
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti mengunakan metode
kualitatif dengan pendekatan kualitatif deksriptif, Adapun teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk analisis data
peneliti menggunakan reduksi data, Display data, kesimpulan, sedangkat
keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Peneliti memperoleh hasil penelitian yang peneliti laksanakan. 1)
Perencanaan, a. sinergitas kepala sekolah dengan wakil kepala sekolah bidang
kurikulum, b. musyawarah pembinaan kepala sekolah, c. pembinaan dalam bentuk
formal maupun nonformal. 2) Pelaksanaan: a. monitoring kelas dalam kegiatan
belajar mengajar,b. pembentukan Musyawarah guru mata pelajaran sekolah , c.
delegasi workshop, training, diklat. 3) Evaluasi: a. rapat evaluasi kepala sekolah
dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum b. evaluasi kinerja guru c.
kunjungan pengawas satuan Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Depositing User: Ms Shofie Aini
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:27
Last Modified: 11 Oct 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28674

Actions (login required)

View Item View Item