Teknik Hacking Terhadap Keharmonisan Hubungan Suami Istri Jarak Jauh/Long Distance Relationship Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang)

saiful rizal, mohammad ayyub (2021) Teknik Hacking Terhadap Keharmonisan Hubungan Suami Istri Jarak Jauh/Long Distance Relationship Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang). Undergraduate thesis, IAIN jember.

[img] Text
Mohammad Ayyub Saiful Riza_083141075.pdf

Download (6MB)

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah perilaku masyarakat dan peradaban manusia secara global. Islam sebagai sebuah agama hukum tentunya ikut andil untuk mengapresiasi fenomena yang sedang terjadi di masyarakat. Perubahan situasi dan kondisi di masyarakat, termasuk akibat buruk yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi, tidak terlepas juga masalah hacking. Hacking merupakan suatu perbuatan (sengaja atau tidak di sengaja), percobaan, kegiatan, aktifitas, pembelajaran/penerapan metode baru terhadap suatu sistem komputer atau jaringan, yang dilakukan seseorang atau kelompok tertentu dengan berbagai tujuan seperti meningkatkan kemampuan sistem komputer atau kemampuan orang tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini diantaranya: 1). Bagaimana implementasi teknik hacking dalam hubungan pernikahan jarak jauh? 2). Apa dampak dari tehnik hacking tersebut terhadap keharmonisan rumah tangga? Dan 3). Bagaimana pandangan hukum islam terhadap teknik hacking? Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui cara mengimplementasikan tehnik hacking terhadap pengawasan hubungan pernikahan jarak jauh, 2). Untuk mengetahui dampak tehnik hacking terhadap keharmonisan rumah tangga, dan 3.) Untuk mengetahui pandangan hukum islam terhadap tehnik hacking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan deduksi data, penyajian data, dan verifikas/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1.) pengimplementasian teknik hacking yang diterapkan oleh suami terhadap istrinya yaitu menggunakan teknik sadapan/penyusupan melalui aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur sadapan. 2). Dengan menggunakan teknik tersebut, tentunya akan berdampak positif maupun negatif terhadap keharmonisan keluarga. Dampak positif, suami dapat menjaga keluarga dari jarak jauh dan suami dalam menjaga keluarganya tidak hanya secara visual saja melainkan juga secara digital. Sedangankan dampak negatif, dapat menyebabkan suami over protektif terhadap istri, serta dapat menyebabkan timbulnya rasa tidak percaya terhadap istri, dan dapat menyebabkan pertengkaran antara suami istri. 3). Meskipun tindakan tersebut ada dampak positifnya, namun sangat disanyangkan perbuatan tersebut merupakan tindakan yang dilarang oleh agama. Karena, aksi tersebut merupakan gerbang menuju kecurigaan dan keraguan di antara pasangan suami istri. Apalagi, aksi tersebut merupakan bentuk tajassus yang sudah jelas tidak diperbolehkan oleh agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:14
Last Modified: 12 Oct 2023 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28690

Actions (login required)

View Item View Item