Penyelesaian Wanprestasi Pada Usaha Meubel Di Desa Ampelan Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Luthfiah, Daniyatul (2023) Penyelesaian Wanprestasi Pada Usaha Meubel Di Desa Ampelan Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Daniyatul Luthfiah_S20192111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Daniyatul Luthfiah, 2023 : Penyelesaian Wanprestasi pada Usaha Meubel di Desa Ampelan Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Kata Kunci : Penyelesaian Wanprestasi;usaha meubel; Perspektif hukum ekonomi syariah

Di Desa Ampelan terdapat usaha meubel yang melayani pemesanan berbagai perabotan rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, dan furniture rumah lainnya. Namun pemilik usaha meubel tersebut sering kali melakukan tindakan wanprestasi, tindakan wanprestasi merupakan tindakan mengingkari perjanjian yang telah disepakati antara kedua belah pihak yaitu keterlambatan penyelesaian barang pesanan. Terjadinya wanprestasi pada usaha meubel memerlukan adanya penyelesaian, agar tercipta hubungan yang baik antara pihak pemilik meubel dengan pembeli.
Penelitian ini digunakan untuk mengungkap mengenai, 1. Bagaimana bentuk akad/perjanjian pada usaha meubel di Desa Ampelan kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso?, 2. Apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi serta dampak wanprestasi pada usaha meubel di Desa Ampelan kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso?,3.Bagaimana penyelesaian wanprestasi pada usaha meubel di Desa Ampelan kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso perspektif hukum ekonomi syariah?
Tujuan penelitian ini ialah 1. Mendeskripsikan bentuk akad/perjanjian pada usaha meubel di Desa Ampelan kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, 2. Mendeskripsikan faktor dan dampak terjadinya wanprestasi pada usaha meubel di Desa Ampelan kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, 3. Mendeskripsikan penyelesaian wanprestasi pada usaha meubel di Desa Ampelan kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso perspektif hukum ekonomi syariah
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik penelitian menggunakan metode wawancara dan dokumenter. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah :1. Bentuk akad/perjanjian pada usaha meubel di Desa Ampelan menggunakan akad istishna’, yaitu akad dengan sistem pemesanan dari barang mentah menjadi barang jadi dengan ketentuan tertentu. 2. Faktor faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi pada usaha meubel di Desa Ampelan Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso a. Pemesanan barang dalam volume besar dengan waktu penyelesaian yang singkat,, b. Kelalaian pemilik usaha meubel dalam memproduksi barang pesanan dengan mementingkan kepentingan pribadi. sehingga tidak dapat memenuhi kewajiban dalam perjanjian c. Sering terjadi hujan dan pemadaman yang mengakibatkan mesin tidak dapat digunakan, sehingga proses produksi barang pesanan terhambat. Wanprestasi berdampak pada seluruh pihak, konsumen mengalami kerugian dan hilang kepercayaannya dan dampak bagi pemilik meubel ialah usaha meubel terancam bangkrut.3. Penyelesaian wanprestasi pada usaha meubel yang terjadi di Desa Ampelan ialah dengan upaya penyelesaian non litigasi dengan mediasi, yaitu diselesaikan secara damai antara kedua belah pihak atau musyawarah (sulhu) beberapa dilakukan kesepakatan baru terkait penyelesaian barang pesanan, ada pula yang dimediasi (tahkim) oleh pemerintah Desa Ampelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012720 al-Shulh (Islamic Arbitration) & Ibra’ (Pembebasan Tanggungan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Daniyatul Luthfiah Daniya
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:12
Last Modified: 12 Oct 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28691

Actions (login required)

View Item View Item