MANAJEMAN KESISWAAN DALAM MENGGALI POTENSI DAN MENINGKATKAN PRESTASI NOK AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH UMBULSARI JEMBER

ach.zaki, habili (2023) MANAJEMAN KESISWAAN DALAM MENGGALI POTENSI DAN MENINGKATKAN PRESTASI NOK AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH UMBULSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Ach.Zaki Habili WATERMAK .pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Menggali Potensi, Prestasi Non Akademik.
Manajemen kesiswaan merupakan salah satu bidang yang berada dalam lingkup operasional pengelolaan madrasah. Hal tersebut meliputi pengaturan dan pengorganisasian terhadap kegiatan yang berhubungan dengan peserta didik. Melalui manajemen kesiswaan, tidak hanya tentang mengatur individu peserta didik saja, namun juga pengelolaan yang ruang lingkupnya lebih luas, yakni membantu dalam peningkatan dan kemajuan peserta didik yang ada di madrasah. Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana Perencanaan Penerimaan Peserta didik baru dan pembinaan Siswa di bidang Non Akademik MTS Walisongo Umbulsari Jember? (2) Bagaimana Pelaksanaan Seleksi Peserta didik baru dan pembinaan siswa di bidang Non Akademik siswa MTS Walisongo Umbulsari Jember? (3). Bagaimana Evaluasi dari Manajemen Kesiswaan dalam meningkatkan prestasi Non Akademik siswa di MTS Walisongo Umbulsari Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Perencanaan Penerimaan Peserta didik baru dan pembinaan Siswa di bidang Non Akademik MTS Walisongo Umbulsari Jember. (2) Mendeskirpsikan Pelaksanaan Seleksi Peserta didik baru dan pembinaan siswa di bidang Non Akademik siswa MTS Walisongo Umbulsari Jember. (3). Mendeskirpsikan Evaluasi dari Manajemen Kesiswaan dalam meningkatkan prestasi Non Akademik siswa di MTS Walisongo Umbulsari Jember
Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: Pertama,Perencanaan Penerimaan Peserta didik baru dan pembinaan Siswa di bidang Non Akademik MTS Walisongo Umbulsari Jember (1) Mengadakan Rapat, Membentuk TIM, Membagi tugas Tim, Menyusun Rencana kerja panitia, Menyusun strategi penerimaan, Menyusun Persyaratan peserta didik baru, Menyusun kisi-kisi soal seleksi kedua, Pelaksanaan Seleksi Peserta didik baru dan pembinaan siswa di bidang Non Akademik siswa MTS Walisongo Umbulsari Jember, (1) Penyusunan Kriteria Seleksi, Pengumuman Pendaftaran, Pengujian dan Penilaian, Seleksi Berdasarkan Hasil Rapot, Seleksi Daftar Siswa Berprestasi, Seleksi Berdasarkan Hasil Tes Potensi Akademik, Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru, Daftar Ulang ketiga, Evaluasi dari Manajemen Kesiswaan dalam meningkatkan prestasi Non Akademik siswa di MTS Walisongo Umbulsari Jember, (1) evaluasi secara rutin dan berkelanjutan melibatkan semua unsur lembaga, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler untuk Membina Pribadi Peserta Didik, Menyediakan Pilihan Kegiatan, Merencanakan dan Mengimplementasikan Kegiatan, Mengevaluasi Ketercapaian Tujuan, Evaluasi Pengembangan Berkelanjutan: Partisipasi siswa dalam Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI), Mengasah Potensi dan Mengembangkan Keterampilan Sosial, Evaluasi mencakup beberapa aspek berikut Kepuasan dan Minat Siswa, Partisipasi Siswa, Dukungan madrasah, Dampak terhadap Perkembangan Siswa dan Efektivitas Program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ach. zaki Habili
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:46
Last Modified: 16 Oct 2023 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28693

Actions (login required)

View Item View Item