Efektifitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Jembrana Kabupaten Jembrana Perspektif Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik

Rohma, Diana (2023) Efektifitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Jembrana Kabupaten Jembrana Perspektif Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Diana Rohma_S20193021 watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Diana Rohma, 2023: Efektifitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Jembrana Perspektif Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik.

Kata Kunci: Efektifitas, Pelayanan Publik, Kecamatan Jembrana.

Permasalahan dalam proses pelayanan publik di berbagai ruang pelayanan seringkali terjadi baik masalah tersebut bersumber dari aparat pemberi pelayanan, sarana prasarana, atau dari masyarakat itu sendiri selaku penerima layanan, seperti contohnya di kantor Camat Jembrana. Pelayanan di Kantor Camat Jembrana masih bisa dibilang minus dalam pelayanan dikarenakan masih sering tidak sesuai dalam jaminan waktu, kurang ramah dalam pelayanan, juga tidak jarang dijumpai permasalahan tersebut bersumber dari masyarakat itu sendiri, masalah yang terjadi biasanya masyarakat masih kurang memahami berbagai prosedur atau alur dalam melakukan persyaratan pelayanan, hal tersebut dikarenakan masih minimnya prosedur yang diumumkan atau di tempel di ruang pelayanan. Melalui Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik maka perlu untuk mengetahui bagaimana standarisasi pelayanan yang baik dan ideal untuk diterapkan oleh apparat pemberi layanan untuk bisa menghasilkan pelayanan yang optimal untuk masyarakat.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Efektifitas Pelayanan Publik Di Kabtor Camat Jembrana Perspektif Peraturan Daerah No 2 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik? 2) Apa saja faktor Penghambat Pelaksaan Pelayanan Publik di Kantor Camat Jembrana Kabupaten Jembrana?
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu pengumpulan data primer dan sekunder. Keabsahan data yang digunakan yakni teknik triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Kecamatan Jembrana dalam berpenampilan sudah cukup baik dan sopan mengenai kenyamanan di ruang tunggu juga sudah baik yang tidak berjalan hanya saja tv tidak hidup dan tidak ada pendingin ruangan namun hal tersebut tidak berdampak pada pelayanan sehingga tidak perlu ditindak lanjuti dengan serius. 2) Kecamatan Jembrana sudah cukup lancar dan cekatan dalam menangani berbagai keperluan pengguna layanan, namun masih ada saja beberapa hambatan seperti yang sudah dipaparkan di atas. Kekurangannya terletak pada ketertiban waktu para pemberi layanan, masyarakat sering dibuat menunggu karena bapak Camat sering kali memiliki kegiatan di luar kantor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Diana Rohma Salimah
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:16
Last Modified: 12 Oct 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item View Item