Persepsi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di MTsN 1 Banyuwangi

Ali, Harozim (2023) Persepsi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di MTsN 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALI HAROZIM_T20191066.pdf

Download (10MB)

Abstract

Ali Harozim, 2023: “Persepsi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik di MTsN 1 Banyuwangi.”

Kata Kunci: Persepsi Guru Rumpun PAI, Reward dan Punishment, Kedisiplinan Peserta Didik

Reward dan punishment merupakan salah satu alat pendidikan yang hasil pemberian keduanya mampu membentuk kedisiplinan peserta didik. Setiap guru memiliki persepsi yang berbeda-beda dalam memberikan reward dan punishment, termasuk guru rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga bentuk pemberian keduanya dalam membentuk kedisiplinan peserta didik pun berbeda-beda dari setiap guru, baik pemberian reward maupun punishment terhadap peserta didik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana persepsi guru rumpun PAI terhadap konsep reward dan punishment dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 1 Banyuwangi? 2) Bagaimana persepsi guru rumpun PAI dalam menerapkan langkah-langkah reward dan punishment untuk membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 1 Banyuwangi? 3) Bagaimana persepsi guru rumpun PAI terhadap hasil pemberian reward dan punishment dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 1 Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Guru rumpun pendidikan agama Islam memahami terhadap konsep reward dan punishment sebagai salah satu alat pendidikan untuk membentuk kedisiplinan peserta didik. Bentuk-bentuk pemberian reward dan punishment berupa fisik dan non fisik. 2) Guru rumpun pendidikan agama Islam menerapkan langkah-langkah pemberian reward dan punishment meliputi: a) perencanaan: mempertimbangkan karakteristik peserta didik, sharing dengan guru lain dicantumkan bentuk reward dan punishment di RPP, dan mengumumkan kepada peserta didik adanya pemberian reward dan punishment; b) pelaksanaan: melibatkan pembelajaran sesuai dengan yang apa telah direncanakan serta memberlakukan pemberian reward dan punishment secara langsung; c) dan evaluasi: menggunakan evaluasi proses, yaitu penilaian dilakukan di saat proses pembelajaran berlangsung dengan mengamati dari sikap peserta didik sehari-hari ketika berada di lingkungan madrasah. 3) Guru rumpun pendidikan agama Islam melihat hasil positif dari pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar, prestasi belajar, dan membentuk kedisiplinan peserta didik. Dengan pemberian keduanya, terlihat perubahan perilaku dalam hal disiplin belajar, berpenampilan, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ali Harozim
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:54
Last Modified: 13 Oct 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28705

Actions (login required)

View Item View Item