Pengaruh Label Halal, Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Mie Samyang dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Muslim di Universitas Jember dan Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember

Wardatul, Jannah (2023) Pengaruh Label Halal, Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Mie Samyang dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Muslim di Universitas Jember dan Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS - WARDATUL JANNAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

Jannah, Wardatul 2023, Pengaruh Label Halal, Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Mie Samyang dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Muslim di Universitas Jember dan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Kata Kunci : Label Halal, Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Keputusan Konsumen, Minat beli dan Mie Samyang

Makanan halal merupakan indikator nomer 2 di Indonesia artinya makanan halal memiliki peran tinggi terhadap perekonomi Indonesia pada saat ini. produk makanan yang laris di berbagai negara adalah mie instan.Industri mie instan pada saat ini menguasai dunia dan menunjukan kemenarikan baik dari segi kehalalan, harga, dan kualitas produknya yang menjadi sorotan para konsumen terutama konsumen muslim. Konsumsi mie instan terbesar nomer dua adalah Indonesia. Salah satu produk mie instan yang sangat terkenal di Indonesia adalah mie instan yang berasal dari Korea yaitu mie samyang. Mie samyang dengan harga yang begitu mahal tetapi pangsa pasarnya tidak kalah saing dengan pemasaran mie instan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis rumusan masalah yaitu apakah label halal, harga kualitas produk dan gaya hidup secara persial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, apakah label halal, harga, kualitas produk, dan gaya hidup secara persial berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan apakah minat beli mampu sebagai variabel intervening antara label halal, harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proposional stratified random sampling dengan jumlah sampel 381 responden. Sedangkan teknik pengmpulan data menggunakan kuesioner (angket) melalui google form. Analisis yang digunakan menggunakan analisis path (jalur) dengan menggunakan software smartPLS 3.2.9.
Hasil uji data dalam penelitian ini menjelaskan bahwa Label halal (LH) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (MB). Harga (H) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (MB). Kualitas Produk (KP) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (MB). Gaya Hidup (GH) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (MB). Label halal (LH) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (KK). Harga (H) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (KK). Kualitas Produk (KP) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (KK). Gaya Hidup (GH) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (KK). Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (KK) Kesimpulan hipotesis terakhir menyatakan bahwa Minat Beli (MB) belum mampu memediasai pengaruh secara persial antara Label Halal (LH), Harga (H), Kualitas Produk (KP) dan Gaya Hidup terhadap keputusan konsumen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wardatul Jannah
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:48
Last Modified: 13 Oct 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item