Febiyana, Dwi (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dwi Febiyana_T20198072.pdf Download (36MB) |
Abstract
Dwi Febiyana, 2023: Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Kemampuan Kerjasama, Keterampilan Komunikasi
Dewasa ini, sering dijumpai permasalahan dalam pendidikan yang berdampak signifikan terhadap hasil yang dicapai. Salah satu masalah yang sering dijumpai tersebut adalah rendahnya kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa. Dalam upaya meningkatkan kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa, terdapat banyak hal yang dapat membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih strategi pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa, yaitu strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap kemampuan kerjasama siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan stategi active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap kemampuan kerjasama siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil nilai signifikansi uji t sebesar 0,000. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan stategi active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil nilai signifikansi uji U Mann-Whitney sebesar 0,01.
Actions (login required)
View Item |