Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Febiyana, Dwi (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Febiyana_T20198072.pdf

Download (36MB)

Abstract

Dwi Febiyana, 2023: Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Kemampuan Kerjasama, Keterampilan Komunikasi

Dewasa ini, sering dijumpai permasalahan dalam pendidikan yang berdampak signifikan terhadap hasil yang dicapai. Salah satu masalah yang sering dijumpai tersebut adalah rendahnya kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa. Dalam upaya meningkatkan kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa, terdapat banyak hal yang dapat membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih strategi pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa, yaitu strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap kemampuan kerjasama siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan stategi active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap kemampuan kerjasama siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil nilai signifikansi uji t sebesar 0,000. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan stategi active knowledge sharing berbantuan media kartu gambar terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil nilai signifikansi uji U Mann-Whitney sebesar 0,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Dwi Febiyana
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:11
Last Modified: 16 Oct 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28731

Actions (login required)

View Item View Item