PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMES WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 01 KUNIR LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Syukron, Ma'mun (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMES WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 01 KUNIR LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syukron Ma’mun _T20198043.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Media pembelajaran Games wordwall, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.
Materi sistem reproduksi adalah materi mata Pelajaran Biologi kelas XI MIPA. Dengan tingkat kesukarannya tinggi dan jumlah materi tergolong banyak. Beberapa sub materi dari materi sistem reproduksi ini masih sulit dipahami oleh siswa. Sistem reproduksi merupakan pokok bahasan yang mulai diperkenalkan kepada siswa sekolah menengah atas, dimana cakupan materinya cukup banyak, dan membutuhkan pemahaman yang mendalam. Berdasarkan permasalahan tersebut para pendidik harus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi para siswa. Oleh karena itu, penggunaan berbagai media pembelajaran menjadi sangat penting. Salah satu contohnya adalah aplikasi games Wordwall yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen; 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen; 3) mengetahui pengaruh media pembelajaran games wardwall terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sistem reproduksi; 4) mengetahui pengaruh media pembelajaran games wardwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Post-test Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 1 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney-U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata angket Keaktifan Belajar siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 47,76 > 40,91; 2) Nilai rata-rata post-test kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas control Yaitu 82,54 > 77,21; 3) Ada pengaruh yang signifikan Media pembelajaran games wordwall terhadap keaktifan belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000; 4) Ada pengaruh yang signifikan Media pembelajaran games wordwall terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060408 Genomics
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060412 Quantitative Genetics (incl. Disease and Trait Mapping Genetics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Syukron Ma'mun
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:30
Last Modified: 16 Oct 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28740

Actions (login required)

View Item View Item