Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Wardani, Dwita Irodatul (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwita Irodatul Wardani_T20198065.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran dalam mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik mengembangkan potensi dirinya secara aktif. Saat ini rendahnya keaktifan belajar siswa menjadi salah satu problematika yang harus ditemukan solusinya. Selain keaktifan, rendahnya hasil belajar juga menjadi masalah dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran yang sesuai dirasa perlu untuk mengatasi hal tersebut. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dirasa perlu karena dalam pelaksanaannya terdapat proses yang berujung pada meningkatnya keaktifan dan hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 2) Mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember 3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap keaktifan siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 4) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Z dan uji U Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata angket keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol; 2) Nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap keaktifan siswa dengan hasil nilai signifikansi uji U Mann-Whitney sebesar 0,000. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan hasil nilai signifikansi uji Z sebesar 0,014. 
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1114 Paediatrics and Reproductive Medicine > 111404 Reproduction
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Dwita Irodatul Wardani
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:06
Last Modified: 16 Oct 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28741

Actions (login required)

View Item View Item