Efektivitas Pembelajaran Remedial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTs Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Hasanah, Ulfatul (2023) Efektivitas Pembelajaran Remedial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTs Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ulfatul Hasanah _T20199071-2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ulfatul Hasanah, 2023: Efektivitas Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di Mts Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Pembelajaran Remedial, Pelajaran IPS, Hasil Belajar
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting bagi sumberdaya manusia. Dalam proses belajar mengajar ada beberapa bentuk pembelajaran salah satu pembelajaran yang dapat di anggap efektif dalam meningkatkan hasil belajar adalah Pembelajaran Remedial. Pembelajaran remedial merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan guru untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran remedial dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kela VII di MTs Negeri 7 Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Eksperiment jenis One Grup pretest posttest design. Populasi yang di ambil dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII MTs Negeri 7 Jember berjumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang di lakukan dalam pengambilan sampel ini berdasarkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang paling rendah. Pengumpulan data di lakukan dengan soal pretest posttest.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Efektifitas pembelajaran remedial dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri 7 jember. Adanya Efektifitas pembeljaran remedial tersebut dapat di buktikan dengan di buktikan dengan hasil Paired sample T-Test yang mana hasil dari analisis tersebut yaitu di peroleh nilai sig(2 -tailed) sebesar 0,00. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,00. Oleh karena itu data tersebut menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed)<0,05 sehingga Hipotesis nol (H0) di tolak maka Hipotesis Alternatif (Ha) di terima.
Hasil belajar siswa pada kelas VII sebagai kelas Eksperimen dapat di lihat dari nilai posttest yang mana pada kelas eksperimen tersebut diperoleh nilai rata rata 78,50. Maka nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen tinggi dan efektifitas pembelajaran remedial dapat di katakan berhasil karena peningkatan nilai peserta didik dari hasil pembelajaran remedial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Depositing User: Ulfatul Ulfatul Hasanah
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:07
Last Modified: 16 Oct 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item View Item