Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Jenah, Fila Raudatul (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fila Raudatul Jenah _T20199032-3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fila Raudatul Jenah, 2023. Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Cooperative Script, Hasil Belajar

Hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mayang terlihat hasil belajar yang diperoleh oleh siswa rendah, siswa cenderung masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini di karenakan oleh variasi mengajar guru yang kurang bervariasi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah menggunakan strategi Cooperative Script. Strategi Cooperative Script adalah strategi belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Dengan hal itu siswa dapat aktif mempresentasikan dan mendiskusikan materi yang dipelajari bersama kelompoknya, sehingga dapat memberikan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dan dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis deskriptif presentase, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Proses pembelajaran Coorperative Script menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya ada dua pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan ada tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup. 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada tahap prasiklus yang nilai rata-ratanya sebesar 60, kemudian pada tahap siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 68 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa sebesar 80. Begitu juga hasil persentase siswa yang berhasil pada setiap siklusnya juga meningkat. Dengan presentase hasil keberhasilan 16% (5 siswa) pada prasiklus dan 28% (9 siswa) pada siklus I kemudian 87% (28 siswa) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mayang Jember dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script telah mencapai peningkatan atau ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fila Raudatul Jenah
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:10
Last Modified: 16 Oct 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28746

Actions (login required)

View Item View Item