ANALISIS POLA REKRUTMEN CALON KARYAWAN BERDASARKAN RELASI DALAM MENGHASILKAN PERILAKU PRODUKTIF PADA KARYAWAN PERSEROAN TERBATAS GRESIK MIGAS KECAMATAN KEBOMAS

Hidayat, Atisa Tinezia Arasy (2023) ANALISIS POLA REKRUTMEN CALON KARYAWAN BERDASARKAN RELASI DALAM MENGHASILKAN PERILAKU PRODUKTIF PADA KARYAWAN PERSEROAN TERBATAS GRESIK MIGAS KECAMATAN KEBOMAS. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atisa Tinezia Arasy Hidayat_D20195064.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Atisa Tinezia Arasy Hidayat, 2023: Analisis Rekrutmen Berdasarkan Relasi dalam Menghasilkan Perilaku Produktif pada Karyawan PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas.
Rekrutmen merupakan proses memilih seseorang untuk mengisi kekosongan jabatan di sebuah perusahaan. Rekrutmen dibagi menjadi 2 jenis yaitu rekrutmen eksternal dan internal. Beberapa perusahaan Indonesia, umumnya menggunakan rekrutmen eksternal, namun ada juga yang menggunakan rekrutmen internal. Perusahaan yang melakukan rekrutmen internal nyatanya mendapat pandangan kurang baik dari masyarakat karena terkesan menerapkan Tindakan nepotisme. Hal ini karena rekrutmen internal merupakan rekrutmen yang sumbernya berasal dari internal, seperti karyawan yang sudah pernah magang atau sudah pernah bekerja di perusahaan yang melakukan rekrutmen.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka dibentuk beberapa fokus penelitian, yaitu 1) Apa pertimbangan melakukan rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas? 2) Bagaimana tahapan – tahapan dalam melakukan rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas? 3) Apakah rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Kecamatan Kebomas dapat menghasilkan perilaku produktif pada karyawan PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas?
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) Mendapatkan pengetahuan tentang apa pertimbangan dalam melakukan rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas, 2) Mendapatkan pengetahuan tentang tahapan – tahapan yang dilakukan dalam rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas, 3) Mengetahui apakah rekrutmen berdasarkan relasi dapat menghasilkan perilaku produktif pada karyawan PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas.
Demi menjawab fokus penelitian dan mencapai tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan cara analisis deskriptif, menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan terhadap seluruh proses rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas, serta bagaimana hasil perilaku karyawan yang telah direkrut menggunakan rekrutmen berdasarkan relasi tersebut.
Setelah melaksanakan penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, didapatkan kesimpulan yaitu 1) Pertimbangan menggunakan rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas adalah untuk menghemat waktu. 2) Tahapan yang dilakukan dalam rekrutmen berdasarkan relasi di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas adalah job posting, yaitu memberikan informasi rekrutmen hanya kepada sumber internal saja. 3) Rekrutmen berdasarkan relasi berkaitan dalam menghasilkan perilaku produktif pada karyawan di PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Atisa Tinezia Arasy Hidayat
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:52
Last Modified: 18 Oct 2023 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28752

Actions (login required)

View Item View Item