Implementasi Ta'widh (ganti rugi) bagi Nasabah Wanprestasi pada Pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung Jember

Lailiyah, Fajriyatul (2023) Implementasi Ta'widh (ganti rugi) bagi Nasabah Wanprestasi pada Pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fajriyatul Lailiyah E20191034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Ta’widh, Nasabah Wanprestasi, Pembiayaan Murabahah

KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung merupakan salah satu lembaga keuangan syariah mikro di Kabupaten Jember. BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung merupakan lembaga keuangan yang melayani beberapa pembiayaan, salah satunya pembiayaan murabahah. Dari pembiayaan murabahah yang disalurkan oleh perbankan, yang dikhawatirkan akan terjadi gagal bayar atau wanprestasi. Wanprestasi mengacu pada situasi di mana debitur tidak dapat memenuhi kewajiban fidusianya dengan baik dan debitur memiliki unsur bersalah. Ta’widh sebagai bentuk ganti rugi atas biaya-biaya riil yang telah dikeluarkan oleh bank syariah karena terjadinya proses perpanjangan pembayaran (restrukturisasi) yang diakibatkan oleh nasabah yang cidera janji (wanprestasi).
Berdasarkan konteks penelitian diatas, peneliti memfokuskan penelitiannya dengan lingkup yaitu: 1) Bagaimana implementasi ta’widh pada pembiayaan murobahah di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung Jember 2) Apa tindakan dan solusi yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung dalam menangani nasabah wanprestasi.
Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi ta’widh pada pembiayaan murobahah di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung Jember. 2) Untuk mengetahui tindakan dan solusi yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung dalam menangani nasabah wanprestasi.
Penelitian ini Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research).
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi ta’widh bagi nasabah wanprestasi pada pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh pihak KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung yaitu dengan menerapkan sistem diskon. 2) Tindakan dan solusi yang dilakukan oleh pihak KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Ajung yaitu dengan mengunjungi nasabah, mendatangi sanak saudara untuk menjalin tali silaturrahmi, dan melakukan pelaporan beban pembiayaan secara berkala ke kantor pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ta'widh, wanprestasi, pembiayaan murabahah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Depositing User: Mrs Fajriyatul Lailiyah
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:33
Last Modified: 17 Oct 2023 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28761

Actions (login required)

View Item View Item