STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMPN 6 JEMBER

TOYYIBAH, ELOK MAWARDATUL (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMPN 6 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELOK MAWARDATUL TOYYIBAH-T20191480,.pdf

Download (5MB)

Abstract

SMPN 6 Jember merupakan salah satu sekolah yang di dalamnya terdapat siswa berbeda agama,keberagaman yang ada di SMPN 6 Jember tidak menjadi penghalang untuk saling bertoleransi satu sama
lain, hal ini tidak terlepas dari strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi
beragama.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembiasaan guru pendidikan agama Islam
dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember?. 2) Bagaimana strategi keteladanan
guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember?. 3)
Bagaimana strategi pembinaan serta pengarahan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan
sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember?. 4) Apa faktor penghambat dan pendukung guru
pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember?.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembiasaan guru pendidikan
agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember. 2) Untuk
mendeskripsikan strategi keteladanan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi
beragama di SMPN 6 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan strategi pembinaan serta pengarahan guru
pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember. 4) Untuk
mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru pendidkan agama Islam dalam menanamkan
sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember.
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
ialah analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan Keabsahan data dalam penelitian
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Strategi pembiasaan guru pendidikan agama islam dalam
menanamkan sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember ialah berdo’a bersama-sama sebelum dan
sesudah pembelajaran, sesuai dengan keyakinan masing-masing. Memberikan motivasi setiap awal
pembelajaran pendidikan agama Islam. Membiasakan setiap hari jum’at siswa muslim membaca yasin
dan non muslim membaca Al-Kitab. Membiasakan siswa muslim untuk sholat dzuha dan dzuhur
berjama’ah. 2) Strategi keteladanan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi
beragama di SMPN 6 Jember ialah memberikan pilihan ingin tetap dikelas atau di perpustakaan pada
saat mata pelajaran pendidikan agama Islam. Menghormati, menghargai siswa yang berbeda agama.
Bersikap adil terhadap semua siswa dengan tidak membeda-bedakan siswa baik itu muslim ataupun non
muslim. 3) Strategi pembinaan serta pengarahan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan
sikap toleransi beragama di SMPN 6 Jember ialah dengan memberikan binaan, dan arahan setiap hari
senin waktu upacara, dan pada perayaan hari besar untuk saling menghargai, menghormati dan tidak
mengganggu satu sama lain, baik ketika belajar, ataupun beribadah. 4) Faktor penghambat dalam
menanamkan sikap toleransi beragama ialah faktor internal yang terdapat dari dalam diri siswa, tingkat
kemampuan dan kematangan emosional siswa yang berbeda. Faktor pendukung dalam menanamkan
sikap toleransi beragama ialah faktor internal dan eksternal yaitu: a) Motivasi dalam diri siswa untuk
bertoleransi. b) Keberagaman agama di lingkungan sekolah. c) Dorongan dari pendidik dan tenaga
pendidik untuk bertoleransi satu sama lain. d) Adanya kebijakan dari sekolah untuk memberikan hak
pembelajaran agama yang sama. e) Tersedianya sarana prasarana yang memadai untuk siswa yang
muslim, sedangkan yang non muslim tersedianya kitab agama sesuai dengan agama siswa non muslim.
f) Kegiatan intra dan ekstra yang mendukung penanaman toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elok Mawardatul Toyyibah
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:07
Last Modified: 17 Oct 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28772

Actions (login required)

View Item View Item