: Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X Di Sma Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

kharisma, Devi chandra (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X Di Sma Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiyai achmad siddiq Jember.

[img] Text
DEVI CHANDRA KHARISMA_T20198016.pdf

Download (13MB)

Abstract

Materi ekosistem adalah materi pelajaran Biologi kelas X. materi termasuk materi sangat penting untuk dipelajari seperti sub materi rantai makanan dan daur biogekimia karena materi yang sulit di mengerti dan terlalu banyak materi. sehingga perlu pengambaran secara visual mengenai mekanisme materi tersebut. oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi pembelajaran dimateri tersebut untuk menambahkan pemahaman siswa dan terciptanya suasana yang menarik serta menyenangkan dalam proses pembelajaran. salah satunya memberikan variasi pembelajaran dengan menambahkan media pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan video pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran pada materi ekosistem terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 2). Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dibelajarkan model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 3). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran pada materi ekosistem terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 4.) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group post – test Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney –U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Skor rata – rata angket motivasi siswa kelas eksperiment lebih tinggi dari skor rata – rata kelas kontrol 2)Hasil rata – rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol ;3) Ada pengaruh yang signifikansi model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran terhadap motivasi siswa dengan nilai signifikan 0,000; 4) Ada pengaruh yang signifikansi model pembelajaran flipped classroom berbantuan video terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,038.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Motivasi dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060203 Ecological Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Devi Chandra Kharisma
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:01
Last Modified: 17 Oct 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item