Efektivitas Penggunaan Media E-Booklet Berbasis Matematika Realistik Dalam Peningkatan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Afdhila, Dila (2023) Efektivitas Penggunaan Media E-Booklet Berbasis Matematika Realistik Dalam Peningkatan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DILA AFDHILA_T20197110.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran E-booklet berbasis matematika realistik merupakan produk yang di kembangkan sebagai usaha dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII pada materi perbandingan. Sebagaimana peran media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami ide abstrak matematika, berbagai media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran. E-booklet berbasis matematika realistic merupakan buku berbasis elektronik yang berisi informasi mengenai materi perbandingan serta latihan soal-soal kontekstual yang dapat dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa kelas VII sebelum dan sesudah menggunakan media E-booklet berbasis matematika realistik serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan media E-booklet berbasis matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII.
Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Dengan menggunakan desain one group pretest – posttest peneliti mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi serta tes literasi matematis yang dilakukan pada sebelum dan sesudah menerapkan media E-booklet dalam pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 37 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji paired sample T dengan melalui uji pra syarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan E-booklet dalam pembelajaran.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII sebelum diterapkan media E-booklet dalam pembelajaran matematika mayoritas masih dalam kategori sedang dengan rerata nilai siswa sebesar 58,24 dan nilai minimal 40 dan nilai maksimal 95. Sedangkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII setelah diterapkan media E-booklet dalam pembelajaran matematika mayoritas memiliki kategori tinggi dengan nilai rerata 85,40 dan nilai minimal 65 dan nilai maksimal 100. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 maka Ha di terima dan Ho di tolak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi matematis siswa kelas VII sebelum dan setelah pembelajaran matematika menggunakan media E-booklet.

Kata Kunci: Literasi Matematis, Matematika Realistik, Media E-booklet

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dila Afdhila
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:04
Last Modified: 19 Oct 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item