Analisis Kegiatan Menginang Dalam Kajian Etnosains Sebagai Sumber Belajar IPA di SMP Islam Paiton Sumberanyar Paiton Probolinggo

Fithriyah, Nurul Lailatul (2023) Analisis Kegiatan Menginang Dalam Kajian Etnosains Sebagai Sumber Belajar IPA di SMP Islam Paiton Sumberanyar Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nurul Lailatul Fithriyah_T20191004.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Lailatul Fithriyah, 2023: Analisis Kegiatan Menginang Dalam Kajian Etnosains Sebagai Sumber Belajar IPA di SMP Islam Paiton
Sumbeanyar Paiton Probolinggo.
Kata Kunci: Kajian Etnosains, Kegiatan Menginang, Sumber Belajar IPA
Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya, pentingnya pengitegrasian potensi budaya dan kearifan lokal ke dalam pembelajaran juga ditegaskan dengan fenomena yang terjadi saat ini, dimana sering terlihat penyusutan atensi atau minat peserta didik dalam mengoptimalkan potensi budaya. Terutama dalam IPA, yang mempelajari fenomena alam yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan menjadi subyek penelitian yang luas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Islam Paiton, bahwasannya dalam pembelajaran IPA belum menerapkan pembelajaran yang berbasis budaya yang masih berkembang di masyarakat. Dengan diangkatnya judul Analisis Kegiatan Menginang Dalam Kajian Etnosains Sebagai Sumber Belajar IPA di SMP Islam Paiton Sumberanyar Paiton Probolinggo, menjadi upaya untuk menjaga budaya kegiatan menginang yang masih berkembang di masyarakat agar tidak mengalami penyusutan, serta inovasi baru untuk sekolah.
Fokus penelitian: 1. Bagaimana hasil kajian etnosains berbasis kearifan lokal pada kegiatan menginang di dusun sekar?, 2. Bagaimana hubungan antara hasil kajian etnosains berbasis kearifan lokal pada kegiatan menginang terhadap pembelajaran IPA di SMP Islam Paiton?. Sesuai dengan fokus penelitian, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1. Untuk mendeskripsikan hasil kajian etnosains berbasis kearifan lokal pada kegiatan menginang di Dusun Sekar. 2. Untuk mendeskripsikan hubungan antara hasil kajian etnosains berbasis kearifan lokal pada kegiatan menginang terhadap pembelajaran IPA di SMP Islam Paiton.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengambilan data dilakukan di Dusun Sekar Desa Sumberanyar Paiton Probolinggo. Dengan subyek penelitian terdiri dari: masyarakat yang melakukan kegiatan menginang, masyarakat yang tidak melakukan kegiatan menginang, kepala Desa Sumberanyar, guru IPA SMP Islam Paiton, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan tiga cara terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan: 1. Hasil kajian etnosains tentang menginang terlihat dari bahan yang digunakan serta bagaimana cara mengonsumsinya, memuat konsep sains asli masyarakat yang dapat diterjemahkan kedalam sains ilmiah. 2. Hubungan antara kajian etnosains berbasis kearifan lokal pada kegiatan menginang memiliki hubungan yang erat dengan konsep pembelajaran IPA di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari temuan yang terindeksi cocok dengan konsep IPA pada setiap jenjang SMP, diantaranya: klasifikasi tumbuhan, klasifikasi materi dan perubahan, struktur dan fungsi tumbuhan, sistem pencernaan manusia, zat aditif dan adiktif, dan yang terakhir sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200206 Globalisation and Culture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nurul Lailatul Fithriyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:18
Last Modified: 18 Oct 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28799

Actions (login required)

View Item View Item