Program Adiwiyata dalam Perspektif Fikih Bi’ah Upaya Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan SMP Negeri 2 Srono, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Prastika, Devi Setya (2023) Program Adiwiyata dalam Perspektif Fikih Bi’ah Upaya Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan SMP Negeri 2 Srono, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DEVI SETYA PRASTIKA_T20191069.pdf

Download (8MB)

Abstract

Devi Setya Prastika, 2023: Program Adiwiyata dalam Perspektif Fikih Bi’ah Upaya
Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan SMP Negeri 2 Srono, Banyuwangi
Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Program Adiwiyata, Fikih Bi’ah, Karakter Peduli Lingkungan.
Kerusakan lingkungan yang berujung pada bencana alam, karena ulah manusia
yang tidak peduli akan lingkungannya. Padahal Allah Swt telah mengamanati para
manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi. Hal ini sudah difirmankan pada
Qur’an surat Al-Baqarah ayat 30. Dari permasalahan tersebu, pihak pemerintah
khususnya Kementerian Lingkungan Hidup membuat suatu program lingkungan yakni
program adiwiyata. Untuk penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Srono, dimana
sekolah ini telah lama mengikuti program adiwiyata sejak tahun 2014 sampai sekarang
yang akan menyandang gelar sebagai sekolah adiwiyata mandiri. peneliti pengaitkan
program adiwiyata dengan perspektif fikih bi’ah, dimana peneliti ingin pengetahui dan
mendeskripsikan apakah program ini sudah sesuai dengan hukum Islam. Untuk fikih
bi’ah di sini menggunakan perspektif Ali Yafie dengan bukunya yang berjudul
“Merintis Fiqh Lingkungan Hidup”.
Fokus penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program
adiwiyata dalam perspektif fikih bi’ah di SMP Negeri 2 Srono, Banyuwangi upaya
membentuk karakter siswa peduli lingkungan? 2) Apa faktor pendukung dan
penghambat dalam program adiwiyata di SMP Negeri 2 Srono, Banyuwangi dalam
membentuk karakter siswa peduli lingkungan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus (case study). Teknik dalam mengumpulkan data yakni teknik observasi,
wawancara serta dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan model
analisis data interaktif yang dipelopori oleh Miles dan Huberman yang meliputi
reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Serta keabsahan datanya
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program
adiwiyata di SMP Negeri 2 Srono sudah terlaksana dan telah mewakili prinsip-prinsip
dasar kewajiban pemeliharaan lingkungan hidup dalam perspektif fikih bi’ah Ali
Yafie. Serta, program ini sudah memenuhi empat komponen adiwiyata yakni
kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan,
kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana ramah
lingkungan, program ini mampu membentuk karakter siswa peduli lingkungan dengan
cara memberikan pengetahuan mengenai lingkungan, keteladanan, aksi lingkungan,
pembiasaan diri, pembinaan guru, kegiatan rutin serta pengembangan budaya sekolah
dalam melestarikan dan pengelolaan lingkungan hidup. 2) Faktor pendukung dalam
pelaksanaan program adiwiyata dalam membentuk karakter siswa peduli lingkungan
di SMP Negeri 2 Srono di antaranya yaitu, adanya dukungan dari semua warga
sekolah dalam aksi lingkungan, sarana dan prasarana yang mendukung, terlaksananya
kurikulum berbasis lingkungan hidup di sekolah. Terjalinnya hubungan baik antara
pihak sekolah dan masyarakat sekitar, penghargaan dari pemerintah. Sementara itu,
faktor penghambat yang dirasakan oleh sekolah di antaranya sebagian guru yang
kurang peduli dengan program lingkungan yang sedang dijalankan, belum adanya
bantuan dana dari pemerintah, dan keberagaman karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Setya Prastika
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:10
Last Modified: 19 Oct 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item View Item