Peran Guru Akidah Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Islami (Disiplin dan Sopan Santun) Siswa Kelas VIII MTsN 2 Bondowoso

Mohammad, Sulis (2023) Peran Guru Akidah Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Islami (Disiplin dan Sopan Santun) Siswa Kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Sulis_T20191202.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter Islami (Disiplin dan Sopan Santun)
Peran guru adalah kunci kesuksesan dalam pembelajaran. Guru menjadi agent of change atas karakter dan perilaku siswa disaat siswa sedang mengampu mata pelajaran Akidah Akhlak. Guru dianjurkan untuk menjadi seseorang yang berkarakter dan siswa juga harus menjadi anak didik yang berkarakter. Berlandaskan kepada nilai-nilai universal dan juga idealis secara Islami.
Adapun fokus pada penneliitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter Islami (disiplin dan sopan santun) siswa kelas VIII MTsN 2 Bondowoso, 2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter Islami (disiplin dan sopan santun) siswa kelas VIII MTsN 2 Bondowoso, 3) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam membentuk karakter Islami (disiplin dan sopan santun) siswa Kelas VIII MTsN 2 Bondowoso
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Obsevasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik yaitu, Memberikan suri tauladan yang baik, contoh tingkah laku dan tutur kata yang sesuai dengan karakter Islami misalnya bertutur kata yang sopan dan menjaga lisan dari kata-kata yang kotor, tepat waktu dalam hal pembelajaran ataupun dalam hal ibadah serta menjaga kebersihan dan kerapian. (2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator yaitu, Melatih siswa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik, Memberikan hukuman pada siswa yang bercanda saat solat, Memberikan ceramah singkat untuk selalu bersemangat dalam belajar, berbuat baik kepada siapapun dan dimanapun, menayangkan video saat pembelajaran yang dapat memotivasi, siswa yang aktif saat pembelajaran diberikan hadiah dan pujian. (3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing yaitu, Saat didalam kelas Menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar suasana kelas tidak membosankan. Program pembiasaan pagi adalah peluang yang sangat besar bagi guru khususnya guru Akidah Akhlak untuk membentuk karakter siswa. Yaitu, menjaga kerapian pakaian siswa, menjaga perilaku siswa saat berada dimusholla agar tidak bercanda dengan temannya, memberikan motivasi kehidupan kepada siswa, melatih siswa agar dapat memimpin doa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Sulis Sulis sulis
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:37
Last Modified: 20 Oct 2023 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item View Item