Analisis Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Larahan Makmur Kecaatan Panti.

Nabilah, Farah Qorinatin (2023) Analisis Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Larahan Makmur Kecaatan Panti. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farah Qorinatin Nabilah_E20192069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Persoalan mengenai menumpuknya sampah menjadi problematika jangka panjang. Hal ini dapat dilihat dengan prosentase jumlah sampah dalam setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini selaras dengan fenomena yang disampaikan masyarakat mengenai sering terjadinya banjir akibat penumpukan sampah di saluran air. Hadirnya Bank Sampah disini sebagai salah satu upaya guna menanggulangi hal tersebut. Sehingga peneliti menaruh ketertarikan untuk melaksanakan penelitian ini.
Adapun fokus penelitian yang dilakukan peneliti adalah 1. Bagaimana pengelolaan sampah di Bank Sampah Larahan Makmur Kecamatan Panti. 2. Bagaimana circular economy dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah Larahan Makmur Kecamatan Panti. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan pengelolaan sampah di Bank Sampah Larahan Makmur Kecamatan Panti. 2. Menjelaskan circular economy dalam pengelolaan Bank Sampah Larahan Makmur Kecamatan Panti.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif serta untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bank Sampah Larahan Makmur menerapkan mekanisme pengelolaan sampah secara sistematis sehingga tercapai pengelolaan sampah dengan baik. Melalui proses yang sistematis tersebut, bank sampah memberikan banyak manfaat, seperti: mengurangi volume sampah, meningkatkan kesadaran masyarakat, menambah profit nasbaah, dan meningkatkan keterampilan masyarakat. 2. Implementasi circular economy di bank sampah larahan makmur diterapkan dengan baik. Sampah yang masuk diolah secara keseluruhan sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat dan menambah pendapatan nasabah. Setiap hasil olahan sampah yang dipilah dijadikan produk lain yang dapat digunakan kembali untuk kegunaan masing-masing. Produk yang dihasilkan bank sampah memiliki sisi berkelanjutan dan terbarukan seperti lilin aromaterapi, tempat sampah, vas bunga, dan lain sebagainya.
kata kunci : Circular economy, Pengelolaan Sampah, Bank Sampah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Farah Qorinatin Nabilah
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:23
Last Modified: 18 Oct 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28811

Actions (login required)

View Item View Item