Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Imun Kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Azhari Juhari, Sefi Maulidta (2023) Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Imun Kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI EDIT HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI. (FIX)docx-1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pada sebuah data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 menyatakan 16,9%-50% anak remaja usia sekolah di Indonesia tidak terbiasa sarapan, 31,2% rata-rata orang dewasa tidak terbiasa sarapan pagi. Sejalan dengan Hardinsyah dan Aries sekitar 26,1% anak sarapan hanya dengan mengkonsumsi air minum, teh, susu dan 44,6% mendapatkan asupan energi yang kurang dari kebutuhan energi per hari yang seharusnya 15%-30%. Adapun salah satu faktornya adalah keluarga. Keterkaitan kebiasaan sarapan pagi dengan hasil belajar kognitif siswa dilihat melalui faktor internal dan eksternal siswa, serta manfaat sumber nutrisi dan energi yang dihasilkan, sehingga kebutuhan zat gizi dapat tercukupi dan memberikan fungsi memori dalam otak siswa menjadi lebih baik, dan pencapaian keberhasilan suatu hasil belajar kognitif yang menyangkup pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis yang berhubungan dengan mentak siswa dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) Bagaimana kebiasaan sarapan pagi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2.) Bagaimana hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3.) Adakah hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif assosiatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dengan skala likert dan tes. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probabilty sampling dengan metode cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 119 siswa. Teknik analisis yang digunakan berupa korelasi prodact moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Dibuktikan pada hasil analisis data yang menyatakan sebanyak 48,7% siswa selalu menerapkan kebiasaan sarapan pagi, 15,1% siswa sering menerapkan kebiasaan sarapan pagi, dan 36,1% siswa jarang menerapkan kebiasaan sarapan. Pada hasil belajar kognitif siswa diperoleh sebanyak 15,1% memiliki hasil belajar kognitif materi sistem imun sangat tinggi, 36,1% memiliki hasil belajar kognitif materi sistem imun tinggi, 37% memiliki hasil belajar kognitif materi sistem imun sedang, 10,1% memiliki hasil belajar kognitif materi sistem imun rendah, dan 1,7% memiliki hasil belajar kognitif materi sistem imun sangat rendah. Berdasarkan hasil tersebut juga dinyatakan pada hasil analisis data nilai korelasi (r), yakni sebesar 0,761 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, yang berarti terdapat hubungan antar dua variabel tersebut. Hubungan antar dua variabel tersebut memiliki kategori keeratan yang dinyatakan kuat.
Kata Kunci: Kebiasaan Sarapan Pagi, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1107 Immunology > 110702 Applied Immunology (incl. Antibody Engineering, Xenotransplantation and T-cell Therapies)
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1107 Immunology > 110703 Autoimmunity
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nn Sefi Maulidta Azhari Juhari
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:47
Last Modified: 19 Oct 2023 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28820

Actions (login required)

View Item View Item