Pelaksanaan Bimbingan Pranikah bagi Calon Pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tongas

Ainul Yaqin, Deni (2023) Pelaksanaan Bimbingan Pranikah bagi Calon Pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tongas. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DENI AINUL YAQIN_D20193015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bimbingan Pranikah merupakan pemberian bantuan yang berupa nasehat, bimbingan dan pengarahan tentang pernikahan kepada calon pengantin sebelum melakukan akad. Bimbingan Pranikah merupakan salah satu persiapan berupa layanan pemberian bantuan kepada calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan guna mempersiapkan mental sebelum menikah. Berdasarkan konteks tersebut penulis ingin menganalisis pelaksanaan bimbingan pranikah bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tongas dalam memberikan pengetahuan tentang pernikahan, faktor pendukung dan penghambat bimbingan pranikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tongas.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini berada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk meneliti atau mengamati bagaimana pelaksanaan bimbingan pranikah bagi calon pengantin di KUA Kecamatan Tongas serta menganalisis aspek yang ada didalamnya yaitu pembimbing, metode, materi, serta faktor pendukung dan penghambat bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Tongas. Dalam hal ini penulis mewawancarai kepala KUA dan pembimbing pranikah di KUA Kecamatan Tongas.
Fokus dari penelitian ini yakni 1) Bagaimana proses bimbingan pranikah bagi calon pengantin di KUA Kecamatan Tongas? 2) Bagaimana faktor pendukung dan pengahambat proses bimbingan pranikah bagi calon pengantin di KUA Kecamatan Tongas?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, yakni untuk mentracking ketidaksamaan antara data yang diperoleh antara dari satu informan dengan informan lainnya.
Adapun hasil dari penelitin ini adalah 1) Proses bimbingan pranikah yakni bagi calon pengantin di KUA Tongas yakni Calon pengantin mengisi formulir dan menyerahlkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Kemudian pihak KUA akan menghubungi melalui WhatsApp untuk menghadiri seminar bimbingan pranikah yang diadakan KUA tongas, setelah hadir pada seminar bimbingan pranikah calon pengantin akan diberikan materi seputar hidup berkeluarga seperti undang-undang pernikahan, psikologi pernikahan, kehidupan berkeluarga, pembinaan keluarga, kesehatan keluarga sesuai dengan ayat Al-Qur’an maupun hadist. Metode yang digunakan dalam seminar bimbingan pranikah yakni ceramah, Tanya jawab dan diskusi. Faktor pendukung dari proses bimbingan pranikah oleh KUA Tongas yakni peserta bersemangat, pembimbing yang berkompeten serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yakni keterbatasan waktu, terbimbing kurang disiplin dan sebagian materi tidak dibukukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Deni Ainul Deni Deni
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:01
Last Modified: 19 Oct 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item