KUALITAS PELAYANAN JASA PADA USAHA CITRA LAUNDRY

Dewi, Citra Putri (2023) KUALITAS PELAYANAN JASA PADA USAHA CITRA LAUNDRY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CITRA PUTRI DEWI_E20192105.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kualitas pelayanan menjadi salah satu hal penting pada pelayanan berupa jasa, kualitas pelayanan yang baik memiliki strategi untuk meningkatkan minat pelanggan lebih banyak, mempertahankan pelanggan, dan menciptakan keunggulan khusus bukan hanya mengenai harga. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasa sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan, maka kualitas pelayanan dapat dipersepsikan baik dan memuaskan.
Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana kualitas pelayanan jasa pada usaha Citra Laundry? 2) Bagaimana strategi Citra Laundry dalam menjaga kualitas pelayanan? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa pada usaha Citra Laundry. 2) Untuk mengetahui strategi Citra Laundry dalam menjaga kualitas pelayanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami atau naturalistic inquiry atau field study. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan meliputi keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik terbukti kualitas pelayanan berupa jasa usaha Citra Laundry sangat dibutuhkan masyarakat dan mempunyai pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan yang baik menjadi salah satu faktor untuk mempromosikan usaha dengan sukarela yang dilakukan pelanggan itu sendiri kepada orang lain. Hal ini dapat meningkatkan esistensi dari usaha yang sedang dijalankan. 2) Strategi yang digunakan dalam menjaga kualitas pelayanan yang telah dilakukan oleh pemilik usaha yaitu menerapkan visi misi yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar memberikan kesan kepercayaan pelanggan untuk menggunakan jasa Citra Laundry.
Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Strategi, Jasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Citra Putri Dewi
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:58
Last Modified: 19 Oct 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28832

Actions (login required)

View Item View Item