PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI JARINGAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN TUMBUHAN DI SEKITAR SEKOLAH KELAS VIII SMPN 2 GENDING PROBOLINGGO

Islamiyah, Novita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI JARINGAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN TUMBUHAN DI SEKITAR SEKOLAH KELAS VIII SMPN 2 GENDING PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Novita Islamiyah T201910052.pdf

Download (68MB)

Abstract

Novita Islamiyah, 2023: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Sub Materi Jaringan Tumbuhan dengan Menggunakan Tumbuhan di Sekitar Sekolah Kelas VIII SMPN 2 Gending Probolinggo.
Kata Kunci: LKPD, Jaringan Tumbuhan, Tumbuhan di Sekitar Sekolah
Materi IPA di SMPN 2 Gending yang dianggap sulit bagi peserta didik salah satunya yakni materi jaringan tumbuhan, berdasarkan dari hasil angket analisis masalah diketahui bahwa peserta didik mengalami kendala pada karakteristik materi jaringan tumbuhan bersifat faktual dan kopseptual. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 2 Gending bahwasanya guru masih menyampaikan materi secara informatik dengan media buku cetak serta gambar saja dan hasil obervasi juga menunjukkan bahwa fasilitas yang tersedia di sekolah salah satunya yang berupa alat praktikum, salah satunya yang mikroskop yang ada belum dimanfaatkan dengan baik, sarana dan prasana terbatas dan penggunaan handphone juga tidak diperkenankan oleh pihak sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian diantaranya (1) bagaimana validitas LKPD pada sub materi jaringan tumbuhan dengan menggunakan tumbuhan di sekitar sekolah kelas VIII? (2) bagaimana respon peserta didik terhadap LKPD pada sub materi jaringan tumbuhan dengan menggunakan tumbuhan di sekitar sekolah kelas VIII? Adapun tujuan penelitian ini di antaranya (1) untuk mendeskripsikan validitas LKPD pada sub materi jaringan dengan tumbuhan menggunakan tumbuhan di sekitar sekolah kelas VIII (2) untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD pada sub materi jaringan tumbuhan dengan menggunakan tumbuhan di sekitar sekolah kelas VIII.
Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation) yang terbatas pada tahap implementasi dikarenakan hanya melihat sampai respon saja. Subjek penelitian terdiri dari validator media, materi, praktisi, dan peserta didik. Subjek uji respons skala kecil dilakukan terhadap 6 peserta didik kelas VIII D dan skala besar dilakukan terhadap 31 peserta didik kelas VIII D SMPN 2 Gending Probolinggo. Jenis data dalam penelitian pengembangan berupa data kualitatif dan data kuantitatif.
Penelitian ini memperoleh produk berupa LKPD pada sub materi jaringan tumbuhan menggunakan tumbuhan di sekitar sekolah dengan (1) hasil presentase validasi ahli media diperoleh sebesar 85,83% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 84,61% dengan kriteria valid, dan hasil validasi ahli praktisi diperoleh sebesar 86,31% kriteria sangat valid, dengan demikian LKPD dapat diuji cobakan kepada peserta didik (2) hasil uji respon skala kecil dengan jumlah 6 peserta didik adalah 93,33%, dengan demikian dari segi keterbacaan LKPD sangat baik dan uji respon skala besar dengan jumlah 31 peserta didik adalah 89,12%, sehingga LKPD termasuk kategori sangat menarik, dengan demikian dari segi kemenarikan LKPD sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Novita Islamiyah
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:30
Last Modified: 19 Oct 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item