Pengaruh Penerapan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dan Keterampilan Proses IPA Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP Plus Darus Sholah Jember

Khofifah, Fina (2023) Pengaruh Penerapan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dan Keterampilan Proses IPA Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddik Jember.

[img] Text
SKRIPSI FINA KHOFIFAH T201910079.pdf

Download (101MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keterampilan proses IPA peserta didik di SMP Plus Darus Sholah. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan keterampilan proses IPA peserta didik yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta pembelajaran yang masih menggunakan pola lama, yaitu menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan metode praktikum dalam pembelajaran yang dapat menciptakan suasana aktif dan memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk membangun pengetahuannya sehingga keterampilan proses IPA dan hasil belajar peserta didik akan meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode praktikum terhadap hasil belajar pesera didik pada pembelajaran IPA kelas VIII materi getaran dan gelombang di SMP Plus Darus Sholah 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapanmetode praktikum terhadap keterampilan proses IPA pada pembelajaran IPA kelas VIII materi getaran dan gelombang di SMP Plus Darus Sholah.
Penelitian ini adalah Quasi eksperiment design dengan jenis desain Nonequivalent posttest-only control group design. Pengambilan sampel dari populasi dengan menggunaan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII D sebagai kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah masing-masing 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel t-Test.
Berdasarkan hasil uji-t pada hasil belajar peserta didik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada keterampilan proses IPA memiliki nilai signifikansi 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode praktikum terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VIII materi getaran dan gelombang di SMP Plus Darus Sholah Jember 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode praktikum terhadap keterampilan proses IPA pada pembelajaran IPA kelas VIII materi getaran dan gelombang di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Kata kunci: Metode Praktikum, Hasil Belajar, Keterampilan Proses IPA, Getaran dan Gelombang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Fina Khofifah
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:22
Last Modified: 19 Oct 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28839

Actions (login required)

View Item View Item