PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP PLUS DARUS SHOLAH

Ulfa, Rofiatul (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP PLUS DARUS SHOLAH. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rofiatul Ulfa_T201910077.pdf

Download (40MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Audio-Visual, Sistem Pencernaan Manusia, Motivasi Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya motivasi belajar siswa di SMP Plus Darus Sholah, yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, serta masih menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai penyampaian materi pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan akan menjadi solusi adalah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media audio-visual yang dapat menciptakan suasana aktif dan menyenangkan selama proses pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa meningkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media audio-visual pada materi sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa 2) Apa faktor pendukung dan daktor penghambat dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media auido-visual. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media audio-visual pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Plus Darus Sholah 2) untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media audio-visual pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Plus Darus Sholah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Plus Darus Sholah yang berjumlah 21 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil angket.
Hasil penelitian menununjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Keberhasilan peningkatan motivasi belajar siswa diketahui rata-rata skor pada pra tindakan adalah 67, selanjutnya pada siklus I menjadi 79, dan pada siklus II menjadi 83. Selain itu, dengan meningkatkan motivasi belajar juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia siswa pada pra tindakan adalah 24% dengan rata-rata 42,3 kemudian pada siklus I mencapai 52% dengan rata-rata 60 dan pada siklus II mencapai 86% dengan rata-rata 80,9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: miss Rofiatul Ulfa
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:05
Last Modified: 20 Oct 2023 01:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28844

Actions (login required)

View Item View Item