Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BTPN KCP Probolinggo)

Febri Hamdani, Achmad (2023) Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BTPN KCP Probolinggo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FEBRI HAMDANI_E20191215.pdf

Download (4MB)

Abstract

Achmad Febri Hamdani, Udik Mashudi, S.E., M.M 2023: “Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BTPN KCP Probolinggo)”
Semakin berkembangnya dunia perbankan, setiap bank berusaha untuk menarik nasabah sebanyak-banyaknya dengan meningkatkan kualitas dalam hal pelayanan, door prize dan penggunaan teknologi yang terus berkembang. Persaingan yang ketat dan munculnya lembaga keuangan baru yang sejenis menuntut perusahaan khususnya perbankan untuk berusaha mempertahankan pangsa pasar terutama dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Peneliti merumuskan masalah menjadi 4 bagian. 1) Apakah ada pengaruh parsial antara nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah? 2) Apakah ada pengaruh parsial antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah? 3) Apakah ada pengaruh parsial antara relationship marketing terhadap loyalitas nasabah? 4) Apakah ada pengaruh simultan antara nilai pelanggan, kualitas pelayanan, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah?
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Apakah ada hubungan parsial antara nilai pelanggan dan loyalitas nasabah, 2) Apakah ada hubungan parsial antara kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah, 3) Apakah ada hubungan parsial antara relationship marketing dan loyalitas nasabah, 4) Apakah ada hubungan simultas antara nilai pelanggan, kualitas pelayanan, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data primer menggunakan kuesioner, sampel dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Hipotesis, Uji T (parsial), Uji F (simultan), Uji R2 dan Analisis Regresi Linier Berganda. Proses pengolahan data menggunakan SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Nilai Pelanggan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah BTPN KCP Probolinggo. 2) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah BTPN KCP Probolinggo. 3) Relationship Marketing berpengaruh secara parsial dan signifian terhadap loyalitas nasabah Bank BTPN KCP Probolinggo. 4) Nilai Pelanggan, kualitas pelayanan, dan Relationship Marketing berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah Bank BTPN KCP Probolinggo.
Kata kunci : Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Relationship marketing, Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Achmad Febri Hamdani
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:09
Last Modified: 24 Oct 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28846

Actions (login required)

View Item View Item