Strategi Peningkatan Trust Muzakki pada Lembaga Amil Zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang

Diah Elok, Nuraini (2023) Strategi Peningkatan Trust Muzakki pada Lembaga Amil Zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Diah Elok Nuraini_E20194021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi Peningkatan Trust Muzakki pada Lembaga Amil Zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang.
Strategi merupakan suatu cara yang disusun untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan/organisasi dengan menetapkan tujuan jangka panjang, tak terkecuali pada lembaga amil zakat. LAZ Yatim Mandiri adalah lembaga pengelola zakat yang dibentuk oleh masyarakat yang berfokus pada sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan menggunakan dana-dana ZISWAF serta dana lainnya yang halal dan legal. Muzakki ialah seorang muslim yang berkewajiban membayarkan zakatnya. Kepercayaan muzakki sendiri terhadap lembaga amil zakat sangatlah penting dan dibutuhkan, karena semakin banyak muzakki yang percaya dan membayarkan zakatnya pada lembaga amil zakat, akan semakin banyak pula kesejahteraan yang dirasakan oleh mustahik. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk meningkatkan trust muzakki pada lembaga amil zakat khususnya di LAZ Yatim Mandiri Lumajang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi peningkatan trust muzakki pada lembaga amil zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang?, 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi peningkatan trust muzakki pada lembaga amil zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam peningkatan trust muzakki pada lembaga amil zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang. 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi peningkatan trust muzakki pada lembaga amil zakat di LAZ Yatim Mandiri Lumajang.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian bertempat di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Lumajang. Dalam menentukan informan penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari skripsi ini yaitu: 1) Dalam melakukan strategi peningkatan trust muzakki pada lembaga amil zakat, LAZ Yatim Mandiri Lumajang menggunakan tahapan-tahapan strategi, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Strategi yang digunakan yaitu dengan mengembangkan visi dan misi, memanfaatkan sosial media sebagai media publikasi, memberikan pelayanan-pelayanan. Sedangkan evaluasi strateginya dengan cara mengadakan evaluasi secara rutin tiap akhir bulan. 2) Untuk kendala yang dihadapi LAZ Yatim Mandiri Lumajang yaitu adanya turnover karyawan, keadaan ekonomi yang menurun, adanya kompetitor lain, impact pandemi covid-19, kasus lembaga pengelola zakat lain, dan tidak ada pemisahan data khusus antara muzakki dan donatur.
Kata Kunci: Strategi, Trust, Muzakki, Lembaga Amil Zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms. Diah Elok Nuraini
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:38
Last Modified: 20 Oct 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28850

Actions (login required)

View Item View Item