Analisis Survival Strategy Pedagang Sayur Pasar Tradisional Kemiri Pasca Pandemi COVID-19

Febriansyah, Rahmad Dedy (2023) Analisis Survival Strategy Pedagang Sayur Pasar Tradisional Kemiri Pasca Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rahmad Dedy Febriansyah_E20192154.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Surival Strategy, Pasar Tradisional, Pandemi Covid-19

Pasar merupakan pengerak roda perekonomian masyarakat selain itu pasar menjadi tempat mata pencaharian bagi warga sekitar, pasar yang sepi pengunjung tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi pedagang, terutama pedagang sayur yang produknya mudah untuk membusuk. Di era pasca pandemic Covid-19 dampak sepinya pengujung masih dirasakan oleh pedagang sayur di pasar Kemiri, lantas bagaimana strategi yang mereka terapkan agar bisa survive atau bertahan di tengah problem tersebut.
Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana kondisi penjual sayur Pasar Tradisional Kemiri saat pra pandemic, dan pasca pandemic ?. 2. Bagaimana strategi bertahan pedagang sayur Pasar Tradisional Kemiri agar tetap eksis dan meningkatkan omset penjualan mereka ?
Tujuan dari diadakannya penelitian ini ialah: 1.Untuk menegetahui kondisi penjual sayur Pasar Tradisional Kemiri saat pra pandemic, dan pasca pandemic. 2. Untuk mengetahui strategi bertahan pedagang sayur Pasar Tradisional Kemiri agar tetap eksis dan meningkatkan omset penjualan mereka.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus ( case studies). Adapun sifat dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Yaitu melakukan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata secara lisan atau tulisan dari orang-orang yang dapat diamati.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1. Perbandingan penjualan pedagang sayur jauh berbeda antara pra pandemi dengan waktu terjadinya pandemic, kebijakan pemerintah mengenai pengurangan kontak fisik di wilayah kerumunan juga keresahan para warga menjadi 2 hal yang mempengaruhi sepinya pengunjung pasar, penurunan pengunjung ini membuat hasil penjualan ikut merosot, namun mimpi buruk tersebut akhirnya sirna karena kondisi pasar yang mulai kembali normal. 2. Dalam penerapan strategi aktif, pedagang memaksimalkan potensi keluarga berupa bantuan tenaga, selain itu mereka juga berjualan di 2 lokasi dan memperpanjang masa kerja. Dalam penerapan strategi pasif, pedagang menaikkan harga barang, dan juga menerapkan gaya hidup hemat. Dalam penerapan strategi jaringan, pedagang mempromosikan melalui tetangga dan juga melayani pelanggan dengan ramah dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Mr. Rahmad Febriansyah
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:40
Last Modified: 20 Oct 2023 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item