PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL ETNOBOTANI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Abdur Rahman, Rahman PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL ETNOBOTANI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal penelitian ilmu pendidikan. (Submitted)

[img] Text
Abdur Rahman_T20198153.pdf

Download (10MB)

Abstract

Era teknologi tidak dapat terlepas dari setiap lini kehidupan termasuk
pendidikan. Fokus terbaru dalam dunia pendidikan ialah kemampuan literasi sains
yang merupakan hasil belajar yang banyak dibutuhkan pada era ini. Oleh karena
itu, komponen seperti model pembelajaran yang menekankan pada terhubungnya
siswa dengan dunia luar dapat dipilih guna mendapatkan kemampuan literasi sains
yang baik. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang didukung
dengan materi keunggulan lokal di sekitar siswa dapat menjadi pemicu yang
efektif guna mendapatkan kemampuan literasi yang lebih baik. Salah satu contoh
keunggulan lokal yang dapat digunakan ialah penggunaan tanaman baik sebagai
obat, keperluan ritual, dan bumbu masakan.
Tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan tingkat literasi sains
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan dengan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis keunggulan lokal
etnobotani pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri
Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023; 2) Untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajran Contextual Teaching and Learning (CTL)
pembelajaran berbasis keunggulan lokal etnobotani pada materi sistem pertahanan
tubuh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri
Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen, desain penelitian ialah Quasi Eksperiment dengan bentuk
penelitian Non-Equivalent Group Post-test Only Design. Teknik sampling yang
digunakan ialah Purposive Sampling, terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas
eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan
uji Independent Sampel T-test.
Hasil penelitian ini ialah 1) Skor rata-rata kemampuan literasi sains pada
kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,33 sedangkan skor rata-rata kemampuan
literasi sains pada kelas kontrol yaitu 68,28; 2) Terdapat pengaruh signifikan dari
Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis
keunggulan lokal etnobotani terhadap kemampuan literasi sains dengan
signifikansi bernilai 0,017.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Abdur Rahman
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:23
Last Modified: 20 Oct 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28854

Actions (login required)

View Item View Item