Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Woroningjati, Hanum (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI HANUM (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Menumbuhkan keaktifan siswa merupakan hal peting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Agar siswa dapat aktif dalam pembelajaran dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan guru perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat diantara model pembelajaran itu adalah model pembelajaran inquiry. Seperti halnya di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu, guru fiqih menggunakan model pembelajaran inquiry dalam menumbuhtkan keaktifan siswa, agar siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir dan lebih responsif saat proses pembelajaran.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana langkah langkah penggunaan model pembelajaran inquiry dalam menumbuhkan keaktifan siswa mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Jember.2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penggunaan model pembelajaran inquiry dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Jember?
Tujuan penelitian ini 1)Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran inquiry dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung model pembelajaran inquiry dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Jember.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1)penggunaan model pembelajaran inquiry dalam menumbuhkan keaktifan siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu dapat menumbuhkan keaktifan siswa dengan cara guru memberikan kesempatan berpikir dan menyusun pertanyaan dan jawaban yang didapat dari diskusi kelompok, yang ditandai dengan siswa mengamati dan kerjasama kelompok. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran Inquiry dalam menumbuhkan keaktifan siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu adalah: 1. Faktor pendukung: a. siswa bebas menguatarakn pendapatnya, dan b. siswa lebih percaya diri. Dan 2. Faktor penghambat: a. terkendala dalam mengkondisikan waktu, b. terdapat siswa yang tidak mengikuti diskusi kelompok dan c. terdapat siswa yang belum terbiasa dengan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Hanum Woroningjati
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:43
Last Modified: 20 Oct 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28856

Actions (login required)

View Item View Item