Analisi Tradisi Sistem Pengelolaan Sawah Dengan Akad Muzara'ah di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso

Himmah, Malika (2023) Analisi Tradisi Sistem Pengelolaan Sawah Dengan Akad Muzara'ah di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HALIMAH MALIKA NIM. E20172222.pdf

Download (7MB)

Abstract

Himmah Malika,Dr. Abdul Rokhim S.Ag. M.E.I, 2023: Analis Tradisi Sistem Pengelolaan Sawah Dengan Akad Muzaro’ah Di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso

Penelitianinidilatar belakangiolehtradisiyangdilakukanpetanidiDesa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso, yaitu kerjasama dalam bidangpertanian. Kerjasama ini menggunakan pola atau sistem bagihasil. Pola atau sistembagi hasil dari kerjasama ini adalah 1/2:1/2 untuk tanaman padi dan 1/3:2/3 untuktanaman jagung dan kacang-kacangan. Kerjasama ini disebut kerjasama muzara’ah.Dengan adanya kerjasama muzara’ah berdampak pada kesejahteraan petani. Petanidalamkerjasamamuzara’ahdisebutpemiliklahan danpetanipenggarap.
okus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana tradisi sitem pengolahan sawah dengan akad muzaro’ah di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso? 2)Bagaimana penerapan bagi hasil dari tradisi akad muzaro’ah di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten pendapatan petani di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso? Adapun yang menjaditujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Tradsidi sitem pengelolaan sawah dengan akad Muzao’ah di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten bondowoso2) Untuk mengetahui bagaimana penerapanbagihasil dari tradsisi akad Muzao’ah dari Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso3) Untuk mengetahui bagaimana implikasi dari tradisi akad Muzara’ah di Desa Sulek Kecamtan Tlogosari Kabpaten Bondowoso.
Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik pengecakan data meliputi trianggulasi, pembahasan sejawat danmemperpanjangkeikutsertaan.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)Sistemakadmuzara’ahyang dipraktekkan oleh petani di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten bondowosoadalah pemiliklahan meminta tolong kepada petani penggarap untuk menggaraplahan. Besaran bagihasil dari akad muzara’ah di Desa Sulek adalah untukjenistanamanpadi1/2:1/2.Untuktanamanjagungdankacang-kacangan bagihasilnya 1/3 : 2/3. 2) Sistem akad muzara’ah yang dipraktekkan oleh petani diDesa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten bondowosodapatmeningkatkan Pendapatan Petani. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan sehari-hari.

Katakunci:AkadMuzara’ah, Pengelolaan Sawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Depositing User: himmah malika
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:33
Last Modified: 20 Oct 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28860

Actions (login required)

View Item View Item