Analisis Perbandingan Harga Pokok Produksi Dengan Pendekatan Variable Costing Dan Full Costin (Studi Kasus Pada Villa Bakery Di Balung)

Marwa, Ma'Walul (2023) Analisis Perbandingan Harga Pokok Produksi Dengan Pendekatan Variable Costing Dan Full Costin (Studi Kasus Pada Villa Bakery Di Balung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ma'Walul Marwa_E20193093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam menentukan harga pokok produksi dapat menggunakan metode yaitu metode variable costing dan full costing. Pada metode full costing biaya-biaya diperhitungkan semua biaya yang bersifat tetap maupun variable. Sedangkan metode variable costing untuk penentuan harga pokok produksi hanya biaya-biaya produksi variable saja yang dimasukan dalam persedian dan biaya pokok penjualan.
Fokus penelitian adalah 1. Bagamaina penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan variable costing pada UMKM Villa Bakery? 2. Bagaimana penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan full costing pada UMKM Villa Bakery? 3. Bagaiman perbandingan hasil penentuan harga pokok produksi dengan metode variable costing dan full costing pada UMKM Villa Bakery?
Adapun tujuan penelitian adalah 1. Untuk mengetahui metoe harga pokok produksi dengan menggunakan variable costing pada UMKM Villa Bakery. 2. Untuk mengetahui harga pokok produksi dengan menggunakan full costing pada UMKM Villa Bakery. 3. Untuk mengetahui hasil pennetuan harga pokok produksi dengan menggunakan variable costing dan full costing pada UMKM Villa Bakery.
Penelitian ini dilakukan di UMKM Villa Bakery dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trigulasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yakni tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data.
Kesimpulan penelitian ini yakni metode variable costing dan full costing yang paling tepat digunakan untuk menghitung harga pokok produksi yaitu menggunakan metode full costing, dikarenakan semua unsur biaya dimasukkan kedalam proses produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Ma'Walul Marwa
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:46
Last Modified: 24 Oct 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item