Korelasi Antara Kompetensi Kepribadian Pendidik dengan Sikap dan Perilaku Peserta Didik Di SMPN 11 Jember

Ramadhani, Rivaldi Agung (2023) Korelasi Antara Kompetensi Kepribadian Pendidik dengan Sikap dan Perilaku Peserta Didik Di SMPN 11 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rivaldi Agung R T20191493.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Pendidik, Sikap Peserta Didik, Perilaku Peserta Didik
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam. Kompetensi kepribadian pendidik memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku peserta didik dalam konteks pendidikan. Pendidikan agama islam tidak hanya memuat pembelajaran yang bersifat kognitif atau pengetahuan. Tapi juga memuat pembelajaran yang bersifat membentuk karakter peserta didik yang beradab dan berkhlak. Konsep Rasulullah sebagai contoh teladan hidup sangat penting, dan ini menggariskan pentingnya kepribadian pendidik yang kokoh dalam membentuk karakter peserta didik. Peserta didik akan meniru apa yang dilakukan pendidik. Maka dari itu, pendidik perlu melakukan pengembangan terkait kompetensi kepribadiannya agar sikap dan perilaku peserta didik sesuai apa yang diharapkan .
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Apakah kompetensi kepribadian pendidik memiliki hubungan dengan sikap peserta didik di SMPN 11 Jember? (2) Apakah kompetensi kepribadian pendidik memiliki hubungan dengan perilaku peserta didik di SMPN 11 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan korelasi antara kompetensi kepribadian pendidik dengan sikap dan perilaku peserta didik di SMPN 11 Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 581 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling pada penelitian korelasional menghasilkan sampel sebanyak tiga puluh siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat korelasi atau hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian pendidik terhadap sikap peserta didik di SMPN 11 Jember, dengan nilai r hitung 0,615 dengan jenis hubungan yang kuat. Semakin tinggi kompetensi kepribadian pendidik semakin tinggi pula tingkat sikap peserta didik (2) Terdapat korelasi atau hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian pendidik terhadap sikap peserta didik di SMPN 11 Jember, dengan nilai r hitung 0,630 dengan jenis hubungan yang kuat. Semakin tinggi kompetensi kepribadian pendidik semakin tinggi pula tingkat perilaku peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rivaldi Agung Ramadhani
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:26
Last Modified: 24 Oct 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item