Implementasi strategi segmenting, targeting, positioning (STP) pada PT. Farmindo Ann Chemical di Kabupaten Probolinggo

Ismy, Nur Camila (2023) Implementasi strategi segmenting, targeting, positioning (STP) pada PT. Farmindo Ann Chemical di Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Sidiq Jember.

[img] Text
Nur Camila Ismy _E20192125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Camila Ismy, 2023: Implementasi Strategi SegmentatSI, Targeting, dan Positioning (STP) Pada PT. Farmindo Ann Chemical Di Kabupaten Probolinggo
Kata Kunci: Segmenting, Targeting, dan Positioning

Penentuan sebuah strategi memiliki dampak yang sangat besar untuk keberhasilan perusahaan. Maka dari itu, sebuah strategi perlu dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan. Pembuatan strategi juga membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan yang berubah dan semakin maju. Karena kemajuan teknologi yang begitu pesat, para perusahaan harus mampu mengembangkan berbagai macam produk yang terbaru dan lebih baik.
Fokus penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi strategi segmentasi pasar pada PT. Farmindo Ann Chemical di Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana implementasi strategi targeting pasar pada PT. Farmindo Ann Chemical? 3) Bagaimana strategi dalam memposisikan produk terhadap konsumen pada PT. Farmindo Ann Chemical?
Tujuan melakukan penelitian ini : 1) Untuk mengetahui implementasi strategi segmentasi pasar pada PT. Farmindo Ann Chemical di kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mengetahi implementasi strategi targeting pasar pada PT. Farmindo Ann Chemical di Kabupaten Probolinggo. 3) Untuk mengetahui strategi dalam memposisikan produk pada PT. Farmindo Ann Chemical.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data yang digunakan yakni data primer sebagai metode pengumpulan data, dengan menggunakan teknik instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Segmentasi untuk tahap ini PT. Farmindo memakai bervariasi segmen, ada segmen geografis yang dimana pasar sasarannya adalah para petani Indonesia. Ada segmen demografis yang mana cakupannya meliputi kiranya usianya 18tahun ke atas. Dan juga ranah psikografis yang tidak membedakan kelas sosial sehingga semua kalangan dapat membelinya tanpa pengecualian. (2) Targeting dimana pasar akan bergerak sesuai dengan target pasar yang sudah direncanakan dan disusun seperti targeting meliputi Selective specialization yang dimana Pt. farmindo ann chemical mempunyai produk Nzy Ultra dan produk special lainnya. Produck specialization dimana Pt. Farmindo ann chemical memiliki produk yang banyak peminatnya. Market specialization ini adalah Pt. Farmindo memanfaatkan sales marketing menawarkan produknya dan membuka jaringan relasi supaya produknya dikenal banyak orang. (3) Positioning dalam hal ini PT. Farmindo ann chemical melalui 6 pengembangan strategi positioning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nur Camila Ismy
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:18
Last Modified: 24 Oct 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item View Item