Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Berbasis Google Form Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Jember

Wijaya, Ratna (2023) Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Berbasis Google Form Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratna Wijaya_T201910040.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ratna Wijaya, 2023: Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Berbasis Google Form untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Jember.

Kata kunci: Instrumen Diagnostik Three Tier Test, Google Form, dan Sistem Ekskresi Manusia

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh siswa ketika mempelajari materi IPA yaitu siswa sering mengalami miskonsepsi pada materi yang didalamnya memuat banyak konsep, salah satunya yaitu materi sistem ekskresi manusia. Dalam menentukan seberapa jauh pemahaman konsep siswa mengenai materi tersebut, guru hanya menganalisinya dari hasil tes ujian, dimana tes tersebut hanya dapat menilai kemampuan kognitif siswa, namun tidak dapat mengungkapakan kosep yang dimiliki siswa secara menyeluruh. Sehingga dibutuhkan instrumen diagnostik yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa salah satunya dengan menggunakan three tier test.
Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) mengetahui validitas instrumen diagnostik three tier test berbasis google form untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember. 2) mengetahui respon siswa terhadap instrumen diagnostik three tier test berbasis google form untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi pada model Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, evaluasi pembelajaran, Bahasa, guru IPA, dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli, angket respon siswa, dan instrumen diagnostik three tier test. Teknik analisis data penelitian ini menghasilkan data kuantitatif berupa numerik dan data kualitatif berupa kritik dan saran yang diberikan oleh para ahli dan guru IPA.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini mendapatkan persentase dari ahli diantaranya: 1) ahli materi sebesar 96%, ahli evaluasi pembelajaran sebesar 93%, ahli Bahasa 87%, serta pengguna sebesar 88%, sehingga diperoleh persentase rata-rata dari semua ahli sebesar 92,5%. Artinya sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. 2) Hasil uji coba skala kecil pada 16 siswa diperoleh persentase sebesar 91% dan uji coba skala besar pada 31 siswa diperoleh persentase sebesar 88%, sehingga diperoleh persentase rata-rata pada uji coba siswa sebesar 91%. Artinya instrumen diagnosik three tier test berbasis google form praktis digunakan sebagai evaluasi pembelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Ratna Wijaya
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:05
Last Modified: 24 Oct 2023 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28869

Actions (login required)

View Item View Item