Analisis Nilai Inflasi Pada Kegiatan "Persatuan Bahan Pokok" Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso

Yuliana, Mei (2023) Analisis Nilai Inflasi Pada Kegiatan "Persatuan Bahan Pokok" Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MEI YULIANA_E20182267.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Mei Yuliana, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2023.: Analisis Nilai Inflasi Pada Kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.

Inflasi adalah suatu fenomena di mana harga barang dan jasa jasa secara umum dan berkelanjutan mengalami peningkatan.Terdapat dua syarat terjadinya inflasi, yaitu kenaikan harga secara umum dan kenaikannya terjadi secara terus menerus.Kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso erat kaitannya dengan inflasi dimana adanya perubahan harga bahan sembako pada setiap periodenya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana analisis nilai inflasi pada kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” yang dilaksanakan di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana Perbandingan nilai inflasi tahun sekarang dengan tahun yang akan datang pada kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.2)Mendeskripsikan analisis nilai inflasi pada kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” yang dilaksanakan di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.3)Mendeskripsikan perbandingan nilai inflasi tahun sekarang dengan tahun yang akan datang pada kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:1) Pelaksanaan kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso adalah sebagai berikut: a) Pengampu hajat mendatangi ketua dengan membawa tanggal yang sudah ditentukan. b) Ketua persatuan melingkari kalender sesuai dengan tanggal yang ditentukan. c) Ketua mengumumkan kepada anggota setelah selesai sholat jum’at. d) Anggota mengumpulkan persatuan dirumah pengampu hajat. e) Ketua persatuan membacakan rincian seluruh barang yang diperoleh oleh pengampu hajat. f) ketua persatuan memberikan catatan barang persatuan. 2) Analisis nilai inflasi pada kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” yang dilaksanakan Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso menunjukkanbahwa nilai inflasi terjadi karena adanya perubahan harga dari tahun pertama adanya kegiatan persatuan yaitu tahun 2012 sampai tahun 2023.l. 3) Perbandingan nilai inflasi tahun sekarang dengan tahun yang akan datang pada kegiatan “Persatuan Bahan Pokok” di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso menunjukkan bahwa perbandingan nilai inflasi dimasa sekarang dengan yang akan datang cenderung berbeda, karena barang yang diterima di masa akan datang akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai inflasi yang sekarang.

Kata Kunci :Analisis, Nilai Inflasi, Bahan Pokok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mei Yuli Ana
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:51
Last Modified: 01 Nov 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28874

Actions (login required)

View Item View Item